6 Cara Mengatasi Mood Swing, Terapkan agar Tidak Mengganggu Kehidupan Pribadi

| 14 Nov 2023 06:04
6 Cara Mengatasi Mood Swing, Terapkan agar Tidak Mengganggu Kehidupan Pribadi
Ilustrasi cara mengatasi mood swing (Freepik)

ERA.id - Mood swing merupakan perubahan suasana hati mendadak yang kerap dialami oleh banyak orang. Jika kondisi ini terlalu sering dialami atau secara ekstrem maka bisa menghambat aktivitas sehari-hari hingga mengganggu kenyamanan orang lain. Lantas bagaimana cara mengatasi mood swing? 

Orang yang mengalami mood swing bisa tiba-tiba menangis, lemas atau hilang semangat, hingga marah tanpa sebab. Kondisi ini disebut mood swing karena terjadi secara tiba-tiba atau tanpa diprediksi, meski sebelumnya dalam kondisi normal. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu tahu cara mengatasi mood swing.

Cara Mengatasi Mood Swing

Mood swing sebenarnya merupakan kondisi yang normal apabila hanya terjadi sesekali. Namun jika mood swing sampai mengganggu kehidupan pribadi maka ada kemungkinan Anda mengalami gangguan kesehatan mental. 

Supaya perubahan suasana hati tidak membuat aktivitas sehari-hari dan hubungan dengan orang lain jadi berantakan, berikut ini cara mengatasi mood swing yang bisa Anda terapkan:

cara mengatasi mood swing (Freepik)

Mengatur Jadwal Tidur

Salah satu cara untuk menjaga suasana hati agar tidak mood swing adalah dengan mengatur jadwal tidur secara baik. Kurang beristirahat dapat menjadi salah satu penyebab rentan mengalami mood swing. Disarankan untuk tidur malam selama 7-8 jam untuk mendapatkan istirahat berkualitas. 

Membatasi Asupan Gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis ternyata memakan banyak vitamin B di dalam tubuh. Padahal vitamin B diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan hormon. Jika hormon tidak seimbang maka Anda berpotensi tinggi mengalami mood swing. Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi atau membatasi kadar gula secukupnya. 

Hindari Stres dan Jangan Terlalu Banyak Pikiran

Pikiran stres juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mudah mood swing. Sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan positif yang membuat Anda merasa bahagia. Dengan begitu Anda tidak punya waktu untuk memikirkan hal-hal yang negatif atau bisa merusak mood. 

Rutin Berolahraga

Cara lain yang dianjurkan untuk mencegah munculnya mood swing adalah dengan rutin berolahraga. Selain mempertahankan pikiran tetap stabil atau tenang, Anda juga perlu menjaga kesehatan fisik. Tubuh yang bugar dan sehat dapat menghindarkan Anda dari mood swing. Anda bisa menetapkan agenda olahraga rutin harian atau seminggu sekali. Tidak perlu menjalani olahraga berat, cukup kegiatan ringan asalkan dilakukan secara konsisten. 

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Langkah lain yang perlu dilakukan untuk menghindari mood swing adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pola hidup sehat yang bisa dijalani berupa tidur cukup, olahraga rutin, mengelola stres, dan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa terhindar dari stres dan perubahan mood secara tiba-tiba atau dalam intensitas sering. 

Berkonsultasi ke Psikiater atau Psikolog

Jika beberapa cara di atas belum berhasil mengatasi mood swing, Anda sebaiknya pergi ke psikiater atau psikolog. Ketika mood swing Anda terjadi secara parah, Anda perlu berkonsultasi kepada ahli kesehatan mental atau kejiwaan. 

Psikolog atau psikiater akan membantu mengidentifikasi penyebab mood swing Anda. Selain itu mereka juga akan memberikan saran treatmen atau metode penanganan yang tepat. Anda juga dapat melakukan sesi konseling secara rutin untuk menghindari gangguan mood swing. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi mood swing yang bisa Anda terapkan jika mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba atau mendadak. Mood swing yang kerap terjadi atau dialami secara berlebihan perlu segera ditangani supaya tidak mengganggu kehidupan Anda. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi