Cara Memasak Dada Ayam Agar Tidak Keras, Wajib Simak!

| 18 Nov 2023 12:00
Cara Memasak Dada Ayam Agar Tidak Keras, Wajib Simak!
Ilustrasi (Foto: Pixabay by manfredichter)

ERA.id - Dada ayam merupakan salah satu jenis daging yang kandungan lemaknya terbilang sedikit. Dada ayam juga umumnya dijadikan sebagai salah satu menu diet bergizi yang direkomendasikan untuk tubuh. Namun, sayangnya, tidak semua orang mampu memasak dada ayam. Terkadang, dada ayam yang diolah akan terasa hambar, atau malah tak matang merata. Lantas bagaimana cara memasak dada ayam agar tidak keras? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi (Foto: Pixabay by el_roby)

Marinasi dada ayam

Agar kaya rasa dan bumbunya dapat meresap hingga ke dalam, tips masak dada ayam adalah dengan memarinasinya terlebih dahulu.

Marinasi yaitu tahapan penting yang tidak dapat dilewatkan, sebab marinasi dapat meningkatkan cita rasa alami daging.

Bumbu marinasi dada ayam pun pada dasarnya beragam, dapat dimarinasi dalam saus tiram, kecap asin, atau dengan pasta yang berisi campuran minyak zaitun, rempah, dan bawang putih yang ditumbuk menjadi satu.

Bumbu marinasi pada umumnya digosokkan ke seluruh bagian dada ayam dan selama beberapa jam dibiarkan sebelum dimasak. Namun, jangan lupa untuk selalu menusuk-nusuk dada ayam dengan garpu agar bumbu marinasi lebih mudah meresap hingga ke dalam.

Rebus dada ayam

Dada ayam memang tidak mengandung banyak lemak seperti bagian paha. Hal ini menjadikan dada ayam tidak seempuk paha ayam.

Namun, agar hasilnya tetap juicy, ada sedikit tips dalam memasak dada ayam, yakni dengan merebusnya. Merebus dada ayam menjadikan daging lebih lembap dan kaldu yang keluar bisa meresap kembali ke dalam daging sehingga membuat dada ayam terasa lebih gurih dan sedap.

Belah dua dada ayam

Agar bisa matang secara merata, cara memasak dada ayam juga bisa ditentukan pada teknik pemotongannya.

Dada ayam yang tebal cukup tricky. Jika Anda tidak pintar dalam mengolahnya, maka dada ayam tidak akan matang secara merata.

Agar hal tersebut tak terjadi, Anda dapat gunakan teknik memotong ala kupu-kupu, yaitu membelah dua bagian dada ayam sehingga berbentuk pipih dan menyerupai bentuk hati.

Dilansir dari Eat This, menurut Sogno Jason Maynard, seorang koki eksekutif, mengatakan bahwa dengan membelah dua dada ayam, dada ayam dapat matang lebih cepat & merata.

Gunakan teknik brining

Tips masak dada ayam agar lebih empuk, juicy, serta lebih beraroma dapat dilakukan dengan menggunakan teknik brining.

Caranya yaitu dengan merendam dada ayam ke dalam air garam. Bisa juga dengan membalurkan garam kasar ke permukaan dada ayam tersebut.

Teknik brining sebenarnya dapat dilakukan pada berbagai jenis daging, entah itu ayam, sapi, ikan, kambing, hingga babi.

Setelah merendam dada ayam dalam air garam, diamkan selama 1-2 jam. Dada ayam yang disarankan untuk dibrining adalah dada ayam tanpa tulang.

Gunakan wajan panas

Tips masak dada ayam agar renyah di luar dan empuk di dalam yaitu dengan memanggangnya pada wajan panas. Hal ini membuat dada ayam bagian luar jadi kecoklatan. Efek inilah yang dikenal sebagai reaksi Maillard.

“Reaksi Maillard itu sendiri merupakan reaksi yang terjadi antara asam amino dan gula pereduksi saat kita membakar makanan," kata koki eksekutif NoMo SoHo Evan Bergman yang dilansir dari Eat This.

Selain itu, untuk memastikan bahwa dada ayam telah matang sempurna, jangan lupa ukur suhu internal dada ayam dan pastikan suhu internalnya mencapai 74 derajat Celcius.

Masak dengan kulitnya

Bagi Anda yang ingin bikin dada ayam jadi tak hambar, dapat mencoba dengan memasak dada ayam bersama kulitnya.

Kulit dada ayam mengandung lemak sehingga jika dimasak bersama, maka dada ayam jadi lebih kaya dengan rasa dan nutrisi. Namun, tak perlu khawatir, kulit yang menempel pada dada ayam ini mengandung lemak tak jenuh, protein, dan glisin.

Kulit pada dada ayam membantu ayam jadi tetap lembap & juicy sebab terdapat bagian lemak yang menempel. Jika tak ingin mengonsumsi kulitnya, Anda dapat menyingkirkan bagian kulit saat ayam sudah matang.

Demikianlah beberapa tips cara memasak dada ayam agar tidak keras. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi