Etika Sarapan di Hotel, Etika Nomor Satu Banyak yang Melanggar

| 18 Nov 2023 07:00
Etika Sarapan di Hotel, Etika Nomor Satu Banyak yang Melanggar
Menu Sarapan Favorit di Hotel (Gambar Ali Inay - Unsplash)

ERA.id - Sarapan buffet hotel merupakan salah satu hal yang akan Anda dapatkan saat pergi menginap di hotel. Menu sarapan buffet hotel ini tentunya sangat beragam dengan rata-rata menunya yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu menu makanan khas Indonesia atau Asia dan yang menyediakan menu makanan Barat. Namun, saat Anda sarapan di hotel, tentunya ada etika yang harus Anda jalankan. Di bawah ini akan dibahas bagaimana etika sarapan di hotel.

Ilustrasi (Foto: Pixabay by cjtech)

Berpakaian yang Sopan

Etika dasar saat sarapan buffet hotel yang pertama yaitu berbusana yang sopan. Hal ini merupakan etika paling dasar sebab tidak sedikit orang yang merasa malas untuk mengganti baju tidur saat turun ke restoran hotel untuk sarapan. Minimal, gunakanlah pakaian yang sopan sehingga pelanggan atau tamu hotel lainnya tidak terganggu.

Ambil Makanan Secukupnya

Etika dasar yang kedua saat sarapan buffet hotel yaitu mengambil makanan secukupnya. Konsep buffet memang mengizinkan Anda untuk mengambil porsi makan sepuasnya. Namun, bukan berarti Anda boleh menjadi rakus saat melihat deretan makanan yang menggiurkan dan mengambil semuanya. Ambillah makanan seperlunya saja. Jika Anda masih belum kenyang atau masih merasa lapar, Anda bisa mengambil makanan kembali atau nambah.

Gunakan Piring Bersih Saat Nambah

Nah, saat Anda nambah, gunakanlah piring bersih. Jangan menggunakan piring bekas yang sudah anda gunakan sebelumnya. Hal ini akan dianggap kurang sopan sebab pastinya piring bekas makan Anda akan terlihat kotor, sehingga akan membuat kenyamanan tamu hotel yang lain merasa terganggu saat mengantri makanan di belakang Anda.

Makan Perlahan dan Bertahap

Setelah mengambil makanan, hendaknya jangan makan terburu-buru. Makanlah dengan perlahan dan bertahap. Jika Anda makan tergesa-gesa, maka akan memberikan dampak buruk bagi sistem pencernaan. Upayakan pula untuk makan secara bertahap. Jadi, Anda bisa mengambil makanan pembuka dulu, baru selanjutnya makanan utama, dan terakhir makanan penutup. Untuk mengambil makanan tersebut, gunakan tiga piring yang berbeda-beda. 

Gunakan Sendok atau Garpu Saat Mengambil Makanan

Gunakan sendok atau garpu pada saat Anda mengambil makanan. Jangan menggunakan tangan untuk mengambil makanan yang tersedia di meja buffet. Sebab, makanan tersebut disediakan untuk banyak orang, bukan hanya untuk Anda saja. Dengan menggunakan sendok atau garpu, maka makanan akan tetap higienis. Jika tidak terdapat sendok atau garpu, Anda bisa memintanya kepada pelayan yang berjaga.

Jangan Membungkus Sisa Makanan

Etika dasar saat sarapan buffet hotel yang terakhir yaitu jangan membungkus sisa makanan. Karena hal tersebut dianggap kurang sopan. Kebanyakan peraturan yang diterapkan oleh buffet hotel yaitu tidak membungkus sisa makanan atau membawanya keluar restoran hotel. Agar tidak meninggalkan makanan sisa, maka sebaiknya Anda mengambil makanan seperlunya saja.

Nah, setelah memahami apa saja etika dasar saat sarapan buffet hotel, semoga Anda bisa melakukannya dengan baik ya, agar pengalaman kuliner Anda jadi terasa lebih istimewa dan elegan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi