Cara Mengatasi Mabuk Durian, Tak Perlu Bingung, Simak di Sini

| 12 Dec 2023 08:00
Cara Mengatasi Mabuk Durian, Tak Perlu Bingung, Simak di Sini
Ilustrasi Buah Durian (Hong Son/Pexels)

ERA.id - Mabuk durian dapat juga disebut sebagai jenis keracunan makanan. Sebab, walaupun durian tergolong dalam buah-buahan yang sehat, Anda tetap tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Namun, bagi Anda yang sudah telanjur mengalami kondisi tersebut, sebaiknya simak bagaimana cara mengatasi mabuk durian di bawah ini.

Gejala atau Tanda Mabuk Durian

Rasa buah durian memang enak, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi durian akan menyebabkan Anda mabuk durian. Beberapa tanda atau gejala mabuk durian antara lain buang gas terus-menerus, ketidaknyamanan perut, muntah, diare, atau bahkan reaksi alergi untuk beberapa orang.  

Walaupun tergolong buah-buahan yang lezat, mengonsumsi durian berlebihan juga tidak baik dan menyebabkan efek samping. Lantas, bagaimana cara mengatasi mabuk durian? Begini tips mengatasinya:

Cara Mengatasi Mabuk Durian

Ada beberapa kondisi tertentu di mana seseorang tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi durian. Diantaranya ibu hamil dan ibu menyusui. Kandungan gas yang terkandung dalam durian dapat berpengaruh terhadap kehamilan dan juga produksi air susu.

Selain itu, kondisi diabetes juga diyakini dapat memperburuk kesehatan bagi pengidap diabetes. Orang yang mengidap diabetes disarankan mengonsumsi buah yang cenderung aman, misalnya pisang atau mangga.

Ilustrasi mabuk durian (Freepik/Lifestylememory)

Bahkan dalam keadaan kesehatan normal, seseorang juga berisiko mengalami mabuk durian. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Cara tradisional meyakini, dengan mengonsumsi air yang dituangkan di cekungan kulit dalam durian dapat mengurangi gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual.
  • Mengonsumsi air putih hangat yang ditambahkan sesendok garam juga bisa dilakukan untuk membantu mengurangi sensasi mabuk durian.
  • Mengonsumsi susu juga bisa jadi salah satu pilihan untuk membuat kandungan gas pada durian menjadi netral. Seorang ahli gizi mengatakan, susu memiliki kandungan protein yang disebut kasein. Protein tersebut dapat melawan alkohol dan membantu tidur. Namun, susu sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan durian.
  • Mengonsumsi buah manggis juga diyakini dapat mengurangi gejala mabuk durian yang sangat tidak mengenakkan. Hasil penelitian menyimpulkan, sebenarnya, buah manggis sangat baik untuk dikonsumsi, baik bersama ataupun tanpa buah durian. Sebab, buah manggis kaya akan vitamin yang sangat diperlukan bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin B kompleks.
  • Mengonsumsi parasetamol juga bisa mengurangi mabuk durian, apalagi jika mabuknya diikuti dengan sakit kepala.
  • Air kelapa dikenal dengan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya, sehingga sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan. Air kelapa mempunyai kandungan kalium yang melimpah, demikian juga potasium. Dua kandungan ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Plus kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi mabuk durian. Setelah memahami penanganan yang tepat untuk persoalan tersebut, tentunya Anda tidak akan merasa bingung saat mengalami kemungkinan yang akan terjadi saat mengonsumsi durian.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi