Kapan Harus Mengganti Sprei? Simak Alasan Kenapa Anda Harus Melakukan Hal Ini!

| 14 Jan 2024 06:35
Kapan Harus Mengganti Sprei? Simak Alasan Kenapa Anda Harus Melakukan Hal Ini!
Ilustrasi (Bruce Mars/Unsplash)

ERA.id - Salah satu aktivitas yang penting dalam kehidupan kita adalah tidur. Dengan demikian, keberadaan tempat tidur dan spreinya adalah satu hal yang wajib ada di rumah. Oleh sebab itu, kebersihan tempat tidur dan sprei harus terus kita perhatikan. Lantas kapan harus mengganti sprei?

Selama ini, tentu Anda sering mendengar bahwa sprei harus diganti secara rutin dan dibersihkan agar tempat tidur tetap bersih dan nyaman digunakan. Namun, seberapa sering sprei harus diganti? Kenapa sprei harus rutin diganti, dan apa yang akan terjadi jika sprei jarang diganti?

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan-pertanyaan tersebut, tidak perlu khawatir. Melansir Healthline dan Sleep Foundation, simak penjelasannya berikut.

Mengapa harus sering mengganti sprei?

Salah satu hal yang dijadikan alasan utama mengapa kita harus mengganti sprei secara rutin yaitu karena sprei dapat menjadi sarang untuk bermacam-macam kotoran dan debu. Contohnya, saat digunakan untuk jangka waktu tertentu, sprei akan dipenuhi dengan sel kulit mati, minyak alami tubuh, keringat, dan juga tungau.

Selain terlihat kotor dan tidak nyaman, debu dan tungau juga berisiko menimbulkan beragam penyakit, misalnya asma dan alergi. Selain itu, kotoran, debu, dan tungau juga dapat memicu kemunculan penyakit kulit seperti eksim, gatal-gatal, hingga dermatitis kontak.

Ilustrasi (Isaac Martin/Unsplash)

Kapan harus mengganti sprei?

Dari survei yang dilakukan Sleep Foundation, rata-rata orang mengganti sprei setiap minggu. Faktanya, hal yang sama juga direkomendasikan oleh para ahli.

Namun, mungkin Anda harus mengganti sprei lebih sering jika mempunyai beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Mudah berkeringat
  • Mempunyai alergi, asma, atau kondisi kulit seperti eksim dan infeksi
  • Makan dan minum di tempat tidur
  • Mempunyai hewan peliharaan yang tidur di kasur Anda
  • Pergi tidur tanpa mandi atau menghapus riasan

Di sisi lain, jika Anda tidak mengalami kondisi di atas dan jarang menggunakan waktu di atas tempat tidur, Anda bisa sedikit mengulur waktu penggantian sprei selama dua minggu sekali.

Selain sprei, kelengkapan tempat tidur seperti sarung bantal, selimut, dan bantal juga harus Anda ganti dan cuci secara rutin. Gantilah sarung bantal seminggu sekali, selimut tiap 2-3 bulan sekali, dan bantal setiap 4-6 bulan sekali.

Cara yang dapat dilakukan agar sprei tidak cepat kotor

Kotoran yang menumpuk pada tempat tidur memang tidak dapat sepenuhnya dihindari, tapi Anda dapat menjalankan beberapa hal untuk mengurangi penumpukan kotoran tersebut.

Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan agar sprei tidak cepat kotor:

  • Menghapus riasan dan mencuci wajah sebelum tidur
  • Mandi sebelum tidur
  • Tidak tidur saat berkeringat berlebihan, contohnya setelah berolahraga
  • Tidak melakukan aktivitas makan dan minum di atas tempat tidur
  • Menggosok atau mencuci kaki sebelum naik ke tempat tidur

Nah, Demikianlah penjelasan singkat tentang kapan harus mengganti sprei. Anda disarankan untuk membersihkan tempat tidur Anda secara rutin agar tidur makin nyenyak dan nyaman.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi