Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur yang Dapat Dilakukan

| 18 Jan 2024 11:29
Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur yang Dapat Dilakukan
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Membersihkan kasur yang terkena ompol tentunya jadi pekerjaan rumah tambahan bagi Anda yang mempunyai bayi atau balita. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau ompol di kasur yang bisa kita praktikkan?

Bau pesing atau ompol yang tercium pada kasur sering kali sulit untuk dihilangkan, apalagi pada kasur yang dibuat dari bahan full busa. Jika bau pesing ini tidak segera dibersihkan, maka akan menjadikan seisi kamar bau.

Cara Menghilangkan Bau Ompol di Kasur

Ada cara yang berbeda dalam menghilangkan bau ompol yang masih baru dan sudah terlalu lama di kasur. Mengutip Sleep Foundation, di bawah ini adalah cara menghilangkan bau ompol di kasur:

  1. Segera lepaskan sprei dari kasur dan cuci.
  2. Sediakan cuka putih, botol semprot, soda kue, air, penyedot debu, dan beberapa handuk pembersih.
  3. Gunakan handuk pembersih atau tisu, untuk menyerap cairan sebanyak mungkin, tepuk-tepuk perlahan bagian yang lembap. Jangan menggosok kasur karena hal ini berisiko mendorong air kencing semakin masuk ke dalam kasur.
  4. Buat larutan setengah air dan setengah cuka suling, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.
  5. Semprotkan area yang terkena dengan larutan cuka Anda.
  6. Kurangi kembali kelembapan berlebih menggunakan handuk.
  7. Tutupi area tersebut dengan lapisan soda kue yang banyak.
  8. Biarkan soda kue menempel di kasur setidaknya selama 8 jam.
  9. Vakum soda kue dan periksa kasur, cek kembali tanda-tanda noda dan bau urine.
  10. Jika diperlukan, ulangi langkah 5 hingga 9 hingga bau dan noda benar-benar lenyap.

Proses ini biasanya akan menghapus bau ompol dari kasur dan mencegah noda permanen. Pastikan Anda menggunakan banyak soda kue dan berikan waktu yang cukup untuk menyerap semua kelembapan.

Ilustrasi (Pixabay)

Cara menghilangkan bau ompol yang sudah lama

Ompol yang sudah lama kadang kala masih sangat tercium aromanya. Mengutip The Spruce, di bawah ini adalah cara menghilangkan bau ompol di kasur:

Gunakan soda kue

Untuk membuat pasta, campurkan satu cangkir soda kue dengan satu sendok makan air. Oleskan pasta sebanyak-banyaknya ke area kasur yang bau ompol.

Gunakan sikat berbulu lembut saat mengoleskan pasta ke permukaan kasur. Biarkan pasta mengering sepenuhnya.

Sebaiknya pasta didiamkan di kasur setidaknya selama empat jam agar bau kencing dapat dinetralisir. Saat pasta sudah kering, bersihkan dengan vakum.

Cuka putih sulingan

Cuka putih sulingan merupakan asam ringan yang membantu menetralkan komponen dalam urine. Tuangkan sedikit cuka putih suling ke dalam botol semprot dan semprotkan pada area yang berbau kencing secukupnya.

Biarkan kasur mengering. Pada awalnya bau cuka akan terasa kuat, tetapi tak perlu khawatir, sebab baunya akan hilang saat kering.

Anda dapat mempercepat waktu pengeringan dengan memanfaatkan kipas sirkulasi untuk mengalirkan udara ke seluruh kasur.

Gunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan disinfektan ringan dan pemutih berbahan dasar oksigen. Bahan ini dijual dalam konsentrasi 3 hingga 10 persen di sebagian besar toko obat.

Larutan tiga persen paling ampuh dalam menghilangkan bau ompol tanpa merusak permukaan kasur. Campurkan sedikit hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan lapisi area yang terpapar noda kencing dengan merata.

Pastikan Anda menggunakannya segera setelah mengisi botol sebab hidrogen peroksida berubah menjadi air setelah terkena cahaya. Biarkan kasur mengering.

Essential oil

Anda hanya cukup mengoleskan atau menyemprotkan essential oil pada bagian yang terkena ompol dan bau pesing pun akan hilang seketika dan tergantikan dengan aroma therapy yang menenangkan.

Kopi

Tidak hanya digunakan untuk dikonsumsi, kopi juga dapat mengurangi bau tak sedap dalam ruangan, mobil, bahkan bau ompol pada kasur.

Dalam penggunaannya, Anda cukup mengambil satu sendok serbuk kopi, lalu oleskan pada bagian bekas ompol.

Tunggu 10 hingga 15 menit, kemudian lap dengan menggunakan kain kering. Selanjutnya, bersihkan dengan vacuum cleaner dan kasur pun menjadi wangi.

Demikianlah cara menghilangkan bau ompol di kasur yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi