9 Cara Menghilangkan Kutu Busuk dengan Mudah dan Murah

| 21 Oct 2023 16:05
9 Cara Menghilangkan Kutu Busuk dengan Mudah dan Murah
Ilustrasi kutu busuk (pixabay)

ERA.id - Kutu kasur (dedbugs) alias kutu busuk alias tungau adalah serangan yang tak bisa dianggap sepele. Selain menjadi tanda bahwa tempat tidur Anda kurang bersih, hewan ini bisa jadi sumber penyakit, misalnya scabies dan gangguan sistem pernapasan.

Kutu busuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah, misalnya ke pakaian, perabot, dan perlengkapan tidur (bantal atau guling). Kutu busuk meminum darah dan termasuk hewan yang agresif pada malam hari. Selain itu, kutu busuk bisa bertelur dan berkembang biak di kasur kotor.

Cara Menghilangkan Kutu Busuk

1.    Jemur kasur

Penjemuran kasur adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan. Saat proses penjemuran, Anda bisa melakukan pembersihan agar kasur menjadi bersih dan terbebas dari kutu kasur.

Anda juga bisa menjemur bantal, guling, dan selimur sekalian. Ketika kasur dkk. dijemur, pindahkan barang-barang di kamar agar debu dan kutu busuk tidak lari ke tempat lain.

Ilustrasi kasur tempat tinggal kutu busuk (pixabay)

2.    Cuka

Anda bisa menghilangkan kutu busuk dari kasur dengan menyemprotkan cuka ke tempat kasur atau tempat bersarangnya kutu busuk. Cuka yang digunakan tak perlu dicampur dengan air, cukup masukkan ke botol penyemprot, lalu semprotkan.

3.    Cuci dengan air panas

Anda juga bisa melakukan pencucian dengan air panas untuk menghilangkan kutu busuk. Hal ini tidak bisa dilakukan pada kasur seperti Anda mencuci sarung bantal dan sprei. Anda bisa mencampur air panas dengan sabun antibakteri, kemudian gunakan untuk membersihkan kasur, bantal, dan guling. Setelah itu, keringkan semuanya di bawah sinar Matahari.

4.    Garam

Garam dapur juga bisa Anda manfaatkan. Campurkan garam dan air, lalu masukkan ke botol penyemprot. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke kasur, bantal, dan guling atau area lain yang jadi sarang kutu busuk.

5.    Lilin

Anda hanya perlu meneteskan cairan lilin (melalui pembakaran) ke celah tempat kutu kasur. Anda bisa meneteskannya sesuai kebutuhan Anda.

6.    Penguapan

Anda bisa menghilangkan kutu busuk dengan penguapan menggunakan ketel listrik. Anda bisa menyiapkan ketel listrik berisi air, lalu tambahkan selang kecil pada bagian ujung ketel, setelah itu nyalakan ketel tersebut. Biarkan uap keluar dari selang dan gunakan uap tersebut untuk membersihkan (menyemprot) sela-sela kasur.

7.    Kulit durian

Kulit durian punya bau menyengat yang bisa membantu menghilangkan tungau. Anda cukup meletakkan kulit durian di sarang kutu busuk.

8.    Silika gel

Silika gel juga bisa menghilangkan kutu busuk. Silika gel ampuh dalam menghilangkan kutu busuk dengan menaburkannya ke seluruh permukaan kasur dan kamar. Kutu busuk akan mati saat menempel pada silika gel.

9.    Minyak tanah dan kapur barus

Jika kamu masih bisa mendapatkan minyak tanah, ini bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kasur. Campurkan minyak tanah dan kapur barus, kemduian semprotkan cairan tersebut ke area-area yang jadi sarang kutu busuk. Kutu busuk akan mati jika terkena cairan ini.

Itulah berbagai cara menghilangkan kutu busuk atau kutu kasur atau tungau. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi