Tips Membersihkan Bulu Mata Palsu Agar Bebas Bakteri dan Bertahan Lama

| 28 Apr 2024 22:04
Tips Membersihkan Bulu Mata Palsu Agar Bebas Bakteri dan Bertahan Lama
Tips membersihkan bulu mata palsu (unsplash)

ERA.id - Tahukah Anda bahwa bulu mata palsu juga perlu dibersihkan dengan benar agar dapat digunakan kembali dan tahan lama? Lantas bagaimana tips membersihkan bulu mata palsu?

Perlu diketahui, membersihkan bulu mata palsu tidak hanya penting untuk menjaga kebersihan, tetapi juga untuk menghindari kerusakan dan bakteri. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai panduan lengkap tentang cara membersihkan bulu mata palsu dengan mudah dan efektif.

Tips Membersihkan Bulu Mata Palsu

Dilansir dari laman Loreal Paris USA, berikut ini beberapa panduan dan langkah-langkah untuk membantu Anda mempelajari cara membersihkan bulu mata palsu seperti seorang profesional:

1. Hilangkan Sisa Lem Bulu Mata

Dengan tangan yang bersih, Anda harus mulai dengan menghilangkan lem dari pangkal bulu mata palsu Anda. Cara termudah untuk menghilangkan lem adalah dengan menggunakan pinset untuk mengangkat perekat dengan lembut dari pita.

Jika ada lem bulu mata yang membandel dan tidak mau lepas, Anda dapat menggunakan pembersih kecantikan riasan mata berbahan minyak untuk menghilangkannya, sama seperti Anda menghapus riasan mata.

Hilangkan Sisa Lem Bulu Mata (unsplash)

2. Bersihkan Bulu Mata Palsu Anda dengan Micellar Water

Setelah semua lem bulu mata dihilangkan, saatnya untuk membersihkan bulu mata palsu Anda. Langkah ini akan menghilangkan riasan dan kotoran yang ada pada bulu mata. Cara ini sangat penting jika Anda memadukan bulu mata palsu dengan maskara.

Letakkan bulu mata palsu Anda di atas tisu, lalu basahi kapas dengan Micellar Cleansing Water lalu usap perlahan pita dan serat bulu mata palsu untuk menghilangkan sisa maskara, kotoran, dan minyak berlebih. Ulangi proses ini sampai bulu mata benar-benar bersih.

Tips: Jika Anda memiliki bulu mata mink, Anda harus melewatkan langkah ini karena pembersih riasan mata berpotensi merusak bentuk dan kelentikan bulu mata. Sebaliknya, Anda perlu membersihkan bulu mata mink Anda dengan air. Gunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam air untuk membersihkan bulu mata, dan hindari merendamnya dalam air karena ini juga dapat merusaknya.

3. Basahi Bulu Mata

Anggap langkah ini sebagai tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan bulu mata palsu Anda benar-benar bersih.

Caranya siapkan semangkuk kecil air hangat, celupkan cotton bud lain ke dalam air dan usap dari pangkal bulu mata hingga ke ujung. Setelah semua lem bulu mata, riasan, dan maskara hilang, biarkan bulu mata palsu Anda di atas tisu hingga kering.

4. Semprotkan dengan Alkohol

Bulu mata palsu bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri, jadi setelah benar-benar kering, Anda perlu mendisinfeksinya. Semprotkan sedikit alkohol pada bulu mata Anda dan tidak perlu sampai terlalu basah. Kemudian, letakkan di atas tisu bersih hingga kering.

5. Simpan Bulu Mata Anda dengan Benar

Setelah alkohol mengering (ini akan memakan waktu sekitar satu jam), saatnya untuk menyimpan bulu mata Anda.

Caranya cukup tempatkan kembali bulu mata palsu Anda ke dalam kemasan asalnya dan simpan dalam posisi semula untuk membantu mempertahankan bentuknya. Setelah Anda siap menggunakan kembali bulu mata, kondisinya akan seperti baru.

Selain tips membersihkan bulu mata palsu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi