Seberapa Sering Mencuci Kuas Make Up, Berikut Rekomendasinya

| 28 Apr 2024 17:01
Seberapa Sering Mencuci Kuas Make Up, Berikut Rekomendasinya
Seberapa sering mencuci kuas make up (unsplash)

ERA.id - Kuas make up yang kotor dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit, karena dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran, yang dapat menyebabkan jerawat, iritasi, dan bahkan infeksi kulit. Lantas seberapa sering mencuci kuas make up?

Frekuensi ideal untuk mencuci kuas make up tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kuas, seberapa sering digunakan, dan jenis produk make up yang dipakai. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Aturan Mengenai Seberapa Sering Mencuci Kuas Make Up

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, untuk melindungi kulit Anda dan membunuh bakteri berbahaya yang menempel di kuas makeup, sebaiknya cuci kuas Anda setiap 7 sampai 10 hari.

Perlu diketahui, kuas makeup yang kotor dapat merusak kulit. Selain mengumpulkan sisa produk, kotoran dan minyak, kuas makeup juga merupakan tempat berkembang biaknya bakteri.

Kuas make up kotor tentu dapat mengganggu kulit Anda, baik dalam bentuk jerawat dan ruam serta dapat mengganggu kesehatan Anda. Hal tersebut membuat kuas makeup yang kotor dapat menyebabkan infeksi, seperti infeksi jamur, E. coli, atau infeksi staph.

Untuk melindungi kulit Anda dan membunuh bakteri berbahaya yang menempel di kuas makeup, para ahli merekomendasikan sebaiknya cuci kuas Anda setiap 7 sampai 10 hari.

Untuk kuas foundation dan concealer cair atau krim, sebaiknya bersihkan kuas ini minimal sekali seminggu untuk mencegah penumpukan produk dan minyak, serta tersumbatnya bulu kuas.

Minyak dari wajah dan produk kosmetik dapat masuk ke sela-sela bulu kuas dan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Karena kuas ini mengaplikasikan produk ke seluruh wajah, kebersihan kuas wajah harus terjaga untuk menghindari breakout.

Kemudian untuk kuas bedak seperti kuas eyeshadow, Anda bisa membersihkannya setiap dua minggu karena kuas ini cenderung tidak tersumbat minyak dan tidak diusapkan ke seluruh wajah.

Dengan pembersihan dan perawatan rutin, kuas makeup Anda bisa bertahan selama bertahun-tahun. Namun, jika Anda melihat ada kuas yang mulai terlihat kusam, kehilangan bentuk, atau bulunya rontok, mungkin ini saatnya untuk membeli kuas yang baru.

Tips Membersihkan Kuas Make Up (unsplash)

Tips Membersihkan Kuas Make Up

Untuk membersihkan kuas makeup Anda, dokter kulit akan merekomendasikan beberapa tips berikut ini:

  • Bilas ujung kuas Anda dengan air hangat yang mengalir untuk menghilangkan sisa makeup. Penting hanya bilas ujungnya saja, karena merendam seluruh kepala kuas lama-lama akan melarutkan lem yang merekatkan kepala kuas ke gagangnya.
  • Isi mangkuk dengan air hangat dan satu sendok makan sampo lembut atau sampo pembersih. Anda juga dapat menggunakan sabun dan air biasa dapat membuat bulu kuas kering.
  • Putar-putar ujung setiap kuas di dalam mangkuk. Untuk mendapatkan busa yang bagus, Anda juga bisa memijat setiap ujung kuas di telapak tangan Anda.
  • Bilas ujung kuas dengan air mengalir.
  • Lanjutkan dengan keramas dan bilas setiap kuas hingga air yang keluar dari kuas menjadi jernih.
  • Peras kelebihan air dengan handuk kertas bersih dan kering.
  • Letakkan kuas Anda rata untuk dikeringkan di atas handuk dengan ujung kuas menggantung di tepi meja. Jangan mengeringkan kuas Anda secara tegak di dalam wadah, karena ini akan menyebabkan air mengalir ke bawah kuas, sehingga mengendurkan lem yang merekatkan kepala kuas dengan gagangnya.

Selain seberapa sering mencuci kuas make up, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips make up
Rekomendasi