Aktivitas Fisik yang Cocok untuk Kucing Peliharaan

| 08 May 2024 16:30
Aktivitas Fisik yang Cocok untuk Kucing Peliharaan
Ilustrasi kucing. (Freepik/vecstock)

ERA.id - Latihan dan aktivitas fisik untuk kucing peliharaan tentunya sangat penting diterapkan. Hal ini kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan ketangkasan kucing Anda dari usia muda hingga tua.

Seperti yang kita ketahui, kucing dapat menghabiskan rata-rata 16 sampai 20 jam sehari untuk tidur. Kebiasaan untuk tidur setiap hari memang seperti sudah tertanam dalam gennya.

Namun, meskipun kucing sering tidur, mereka tidak tidur nyenyak. Pemangsa yang tengah tidur harus siap terjaga dalam sekejap, dan saat kucing tidur, mereka memposisikan diri sedemikian rupa sehingga mereka mampu bertransisi atau mengubah posisi mereka ke dalam tindakan secepat mungkin.

Di bawah ini adalah beberapa strategi yang akan membantu Anda untuk tetap mendorong kucing selalu aktif dan bergerak.

Ilustrasi kucing Photo by Agape Trn on Unsplash

Berikan teman agar kucing beraktivitas

Pada umumnya, kucing malas menanggapi ajakan olahraga dari tuannya. Jean Hofve, DVM, penulis dan manajer Little Big Cat di Denver, membagikan solusi sederhana agar kucing tetap aktif bergerak, yaitu dengan memberikan kucing peliharaan teman atau pasangan untuk berolahraga. Jika kucing  memiliki teman, ia akan cenderung lebih banyak bergerak dengan permainan gulat atau kejar-kejaran.

Bermain dengan laser

Berbicara mengenai jenis olahraga untuk kucing yang dapat membuat tertawa, permainan tembak laser dengan alat seperti pen juga akan menghibur Anda sekaligus melatih kucing bergerak lebih cepat. Walaupun demikian, Hofve menyarankan agar Anda lebih sering mengajaknya main dengan mainan nyata yang dapat ditangkap kucing. Hal tersebut dilakukan agar ia tidak frustasi karena tidak pernah bisa menangkap sinar. Selain itu, pastikan juga Anda tidak pernah menyorotkan laser langsung ke mata kucing.

Sediakan banyak mainan di sekitar

Strategi lain agar kucing tetap mau berolahraga yaitu dengan memberi mereka banyak pilihan mainan. Anda tidak harus memberikannya mainan mahal yang dibeli di toko hewan peliharaan, benda-benda rumah tangga sehari-hari juga bisa digunakan sebagai mainan. Contohnya, bola ping pong atau gulungan benang wol.

Buat arena hoki

Anda juga dapat membuat arena hoki instan untuk kucing dengan memasukkan bola ke dalam kotak kardus yang sangat besar atau bak mandi. Ketika kucing Anda mengejar bola dan bolanya memantul dan keluar dari kardus, maka ia akan “terbang” keluar untuk mendapatkannya, tingkah kucing Anda pasti akan membuat siapa pun tertawa.

Coba menara kucing

Ide lain yang juga disarankan untuk mendorong kucing Anda berolahraga yaitu memberikannya menara kucing bertingkat. Menara kucing bertingkat sudah banyak dijual baik di toko online ataupun di toko hewan peliharaan. Mainan ini terdiri dari banyak tempat yang dapat digunakan kucing untuk bermain dan memanjat, sehingga bisa membantu untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal. Anda bisa menaruh camilan kecil di berbagai bagian menara agar kucing mau memanjat dan bermain.

Berikan catnip dengan bijak

Kucing dikenal sangat senang dengan catnip, tanaman yang mengeluarkan aroma yang khas. Tanaman ini juga dapat menjadi mainan yang berguna agar kucing Anda berolahraga.

Namun, Hofve merekomendasikan agar memberikan catnip dengan bijak dan hanya dalam situasi yang tepat. Hal yang perlu Anda ingat, tidak semua kucing senang dengan tanaman ini dan mereka yang tidak menyukainya dapat menjadi agresif karena catnip.

Demikianlah beberapa saran terkait aktivitas fisik untuk kucing peliharaan yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi