Contoh Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Secara Profesional

| 03 Jun 2024 21:31
Contoh Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Secara Profesional
Contoh cara memperkenalkan diri yang baik (freepik)

ERA.id - Rasa gugup dan tidak percaya diri saat memperkenalkan diri merupakan hal yang wajar. Namun, dengan memahami cara yang tepat, perkenalan diri Anda membuat orang lain tertarik. Untuk itu, mari simak contoh cara memperkenalkan diri yang baik dalam artikel berikut.

Kesan pertama, melalui perkenalan yang baik dapat menjadi sebuah interaksi yang positif dan berkesan. Mari kita telusuri lebih dalam beberapa contoh cara memperkenalkan diri yang baik dalam artikel ini.

Contoh Cara Memperkenalkan Diri yang Baik

Dilansir dari laman Western Michigan University, perkenalan diri singkat atau yang disebut sebagai “iklan 30 detik” adalah cara cepat dan efektif untuk membuat perkenalan yang mengesankan.

Anda dapat menggunakan perkenalan iklan pribadi ini saat memperkenalkan diri kepada HRD ketika melakukan tes wawancara, atau kapan pun Anda diminta untuk memperkenalkan diri secara profesional.

Perkenalan diri ini juga dapat membantu Anda saat menjawab pertanyaan umum, HRD ketika bertanya "Ceritakan tentang diri Anda."

Perkenalan diri Anda harus komunikatif dan alami (freepik)

Pertama, coba gunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengatur pikiran Anda menjawab pertanyaan HRD tersebut:

  • Apa tujuan karier Anda?
  • Keterampilan, kekuatan, atau pengalaman apa yang Anda miliki yang dapat membantu Anda mencapai tujuan itu?
  • Pencapaian apa yang paling mewakili bagaimana Anda menggunakan keterampilan, kekuatan, atau pengalaman ini?
  • Apa yang Anda cari dalam pekerjaan atau magang?
  • Bagaimana Anda bisa segera memberi manfaat bagi organisasi?

Perkenalan diri Anda harus komunikatif dan alami dan beberapa jawaban dari pernyataan tersebut tidak boleh terdengar dihafalkan dan Anda tetap harus berhati-hati. Tips: jika Anda ingin tampil percaya diri, tetap tenang dan profesional.

Contoh Perkenalan Diri Singkat:

  1. Keperluan Magang Guru

"Selamat pagi, nama saya Farid Anshori, dan saya seorang mahasiswa Pendidikan Fisika di Kalasan University dengan fokus di sains. Saya dibesarkan dalam keluarga guru dan tahu bahwa menjadi guru sains SMA adalah panggilan saya.

Semangat saya untuk membantu orang lain telah terbukti dalam keterlibatan saya di Himpunan Mahasiswa (HIMA) sebagai pembimbing penelitian selama tiga tahun terakhir. Melalui pengalaman tersebut saya telah belajar berinteraksi dengan beragam orang, yang telah meningkatkan kemampuan saya untuk berhubungan dengan orang lain.

Melalui HIMA, Saya juga memiliki kesempatan untuk membuat pelajaran untuk para peserta kamp yang berfokus pada keterampilan hidup seperti kerja tim, komunikasi, dan manajemen waktu. Sebagai seorang guru, apa yang harus saya lakukan sekarang untuk mempersiapkan pencarian magang?"

  1. Perkenalan Ketika Melamar Kerja

"Halo, saya Fandi Kampleng dan saya akan menyelesaikan gelar sarjana saya di bidang keuangan dari Universitas Purba Lingga pada bulan Agustus 2024. Saya telah mengerjakan berbagai proyek yang memungkinkan saya untuk menerapkan apa yang telah saya pelajari di kelas ke dalam praktik.

Tahun lalu, saya menjadi bagian dari kursus baru di mana para siswa mengelola $500.000 untuk Western Annual Fund dan sangat menarik untuk melihat portofolio tersebut tumbuh.

Saya bangga dengan diri saya yang berorientasi pada detail, analitis, dan termotivasi. Saya memahami bahwa Anda sedang mencari penasihat investasi baru dan saya yakin kualifikasi saya akan menguntungkan tujuan perusahaan Anda guna meningkatkan basis klien sambil terus memberikan saran investasi yang baik."

Selain contoh cara memperkenalkan diri yang baik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi