Cara Tanda Tangan di Word dengan PIV Card dan PDF

| 09 Jul 2024 22:21
Cara Tanda Tangan di Word dengan PIV Card dan PDF
Cara tanda tangan di word (freepik)

ERA.id - Di era digital ini, Microsoft Word muncul untuk membantu melakukan tanda tangan pada dokumen yang semakin sering dibutuhkan. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara tanda tangan di Word tersebut.

Melakukan tanda tangan manual tentu saja dapat memakan waktu dan tidak praktis, terutama jika Anda sedang bekerja secara remote atau berkolaborasi dengan orang lain dari jarak jauh.

Untuk itu, Microsoft Word hadir sebagai solusi untuk memudahkan Anda dalam menandatangani dokumen secara digital. Dengan fitur tanda tangan digital, Anda dapat menambahkan tanda tangan elektronik dalam dokumen.

Cara Tanda Tangan di Word

  1. Tangan Digital Menggunakan Garis Tanda Tangan dan PIV Card

  • Langkah pertama untuk menambahkan tanda tangan digital, buka dokumen Microsoft Word Anda dan klik tempat di mana Anda ingin menambahkan garis tanda tangan.
  • Dari ‘ribbon Word’, pilih tab ‘Insert’ dan kemudian klik ‘Signature Line’ di ‘grup Text’.
  • Sebuah kotak pop-up Signature Setup akan muncul. Masukkan informasi Anda di bidang teks dan klik ‘OK’.
  • Klik dua kali garis tanda tangan.
  • Sebuah kotak pop-up Sign akan muncul. Pada tanda X, ketikkan nama Anda. Selanjutnya, lihat di bidang ‘Signing as:’. Pilih sertifikat penandatanganan. Untuk memastikan bahwa ini adalah sertifikat yang benar, klik tombol ‘Change’.
  • Klik pada ‘Click here to view certificate properties’.
  • Kotak ‘Certificate Details’ akan muncul. Pergi ke tab ‘Details’ dan gulir ke bawah ke ‘Key Usage’. Klik sekali lagi dan Kotak teks bawah sekarang akan menampilkan ‘Digital Signature, Non-Repudiation’. Jika benar, maka akan menjadi sertifikat yang benar lalu klik OK.
  • Namun jika merupakan sertifikat yang salah, lalu klik OK. Kemudian klik ‘More Choices’ untuk melihat sertifikat lain. Pilih sertifikat lain dan ulangi langkah-langkah ini sampai Anda menemukan sertifikat yang benar.
  • Klik tombol ‘Sign’ untuk menandatangani dokumen. Masukkan kartu PIV Anda ke dalam pembaca kartu. Masukkan PIN kartu pintar (PIV) Anda dan klik OK.
  • Kotak Signature Confirmation akan memberi tahu Anda bahwa Word telah menyimpan tanda tangan digital Anda, lalu klik OK.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel di ERA yang membahas Langkah-langkah mengganti tanda-tangan di e-ktp

Menambahkan Tanda Tangan pada PDF (freepik)
  1. Menambahkan Tanda Tangan pada PDF Menggunakan Preview di Mac

Bagi Anda pengguna Mac, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan tanda tangan pada PDF menggunakan aplikasi Preview di Mac:

  • Buka dokumen Word yang ingin Anda tandatangani.
  • Pilih File > Save As > PDF. Simpan PDF di lokasi yang mudah ditemukan, misalnya di desktop Anda.
  • Tutup Word.
  • Buka PDF (biasanya akan langsung terbuka di Preview, tetapi jika tidak, klik kanan pada file PDF dan pilih Open with > Preview).
  • Buka edit toolbar (ikon yang terletak di sebelah kiri kotak pencarian yang terlihat seperti pena dalam kotak. Toolbar akan muncul di bagian atas PDF).
  • Klik tombol Sign (ikon yang terlihat seperti tanda tangan, biasanya item terakhir di toolbar).
  • Ikuti instruksi di layar untuk membuat tanda tangan Anda.
  • Setelah tanda tangan dibuat, klik tombol Sign lagi.
  • Pilih tanda tangan dan seret ke tempat yang Anda inginkan di dokumen.
  • Sesuaikan ukuran tanda tangan jika perlu.
  • Simpan file dan Anda selesai!

Selain cara tanda tangan di word, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi