Tips Menyimpan Sepatu Agar Tidak Berjamur, Lakukan Hal-hal Berikut

| 01 Sep 2024 12:00
Tips Menyimpan Sepatu Agar Tidak Berjamur, Lakukan Hal-hal Berikut
Tips menyimpan sepatu agar tidak berjamur. (Foto: dok. Reebook)

ERA.idSepatu yang disimpan dalam keadaan basah atau lembap seringkali menjadi tempat potensial bagi pertumbuhan jamur. Contohnya, saat Anda mencuci sepatu tetapi sepatu belum kering sepenuhnya. Atau sepatu basah yang disebabkan keringat dan disimpan saat masih lembap.

Lemari penyimpanan sepatu yang gelap dan lembap juga menjadi salah satu tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan jamur. Sepatu yang dihinggapi jamur berisiko akan lebih cepat rusak dan tidak awet. Oleh karena itu, Anda harus memahami tips menyimpan sepatu agar tidak berjamur di bawah ini.

Ilustrasi. (Unsplash)

Tips Menyimpan Sepatu Agar Tidak Berjamur

Dilansir dari ERA, berikut beberapa cara yang harus dilakukan agar sepatu Anda tidak berjamur:

Keringkan sepatu dengan benar

Setelah Anda menggunakan atau mencuci sepatu, sebaiknya keringkan di tempat yang memiliki ventilasi baik. Beberapa jenis sepatu tertentu bahkan bisa dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa juga menggunakan pengering rambut dengan tingkat panas rendah.

Sumpal dan bungkus sepatu dengan tisu bebas asam

Kertas tisu penyerap dan bebas asam akan mempertahankan tingkat kelembapan yang tepat. Masukkan secukupnya ke dalam sepatu dan kemudian bungkus serta letakkan di tempat penyimpanan. Cara ini bisa membantu menjaga sepatu Anda tahan lama dan juga mempertahankan bentuk sepatu.

Gunakan bungkus gel silika

Saat membeli sepatu baru, biasanya Anda akan mendapatkan di dalamnya bungkusan gel silika. Jangan dibuang, sebab gel silika berfungsi untuk menyerap kelembapan berlebih dan menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu. Anda bisa meletakkannya di dalam dan di sekitar sepatu Anda agar tetap kering saat disimpan.

Tentukan penyimpanan sepatu yang cocok

Penyimpanan sepatu juga memiliki peran penting untuk mencegah pertumbuhan jamur pada sepatu. Anda disarankan untuk gunakan rak atau kabinet terbuka untuk menyimpan sepatu yang sering Anda kenakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara dengan baik di dalam dan sekitar sepatu Anda sehingga sepatu tetap kering dan tidak bau.

Adapun untuk sepatu yang jarang digunakan, Anda bisa memilih solusi penyimpanan tertutup seperti lemari kaca atau kabinet tertutup.Cara ini menjadikan sepatu Anda terlindung dari debu, kotoran, ataupun suhu ekstrem.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa sepatu sudah bersih dan kering, serta dibungkus dengan aman sehingga akan tahan lama. Buka lemari minimal seminggu sekali untuk mengontrol kelembapan dan suhu di dalam penyimpanan.

Kelembapan tinggi dan suhu rendah ikut mendukung pertumbuhan jamur, yang menjadikan sepatu rapuh, melemahkan kain, dan mengakibatkan lem menjadi longgar.

Bersihkan sepatu rutin/berkala

Tips berikutnya yaitu membersihkan sepatu secara teratur. Anda harus rajin membersihkan sepatu untuk mencegah pertumbuhan jamur pada sepatu. Keringkan sepatu bersih dengan cairan khusus pembersih sepatu agar debu di permukaan segera menghilang, atau cuci sepatu dengan air dan deterjen ringan.

Demikianlah ulasan tentang tips menyimpan sepatu agar tidak berjamur. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi