4 Skill Dasar yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

| 09 Jul 2022 09:01
4 Skill Dasar yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Saat Melamar Kerja
Skill yang harus dimiliki untuk bekerja (Unsplash.com/ Jason Goodman)

ERA.id - Bagi seorang fresh graduate atau lulusan baru, pastinya sering merasa bingung akan skill apa saja yang harus dimiliki agar bisa diterima dipekerjaan yang dilamar.

Tak perlu bingung lagi, kamu bisa menyimak beberapa skill dasar yang harus dimiliki seorang fresh graduate saat melamar kerja, yang dibagikan oleh HR Vlogger, Eza Hazami.

1. Komunikasi dan public speaking

Skill dasar pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan orang lain ataupun di hadapan orang lain. Ini wajib untuk dimiliki karena dalam dunia kerja akan dituntut untuk berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja, hingga melakukan persentasi pekerjaan.

"Yang pertama itu komunikasi, public speaking maksudnya ya. Zaman sekarang nggak ada pekerjaan yang tidak membutuhkan public speaking. Bahkan jadi admin ketika kita sampaikan laporan bulanan ke bos, itu kita harus ngomong, dituntut untuk present," kata Eza Hazami.

2. Problem solving/ penyelesaian masalah

Kemampuan problem solving atau menyelesaikan masalah juga merupakan skill dasar yang harus dimiliki. Dalam melakukan pekerjaan, tak selalu berjalan lancar dan pastinya bisa terjadi masalah. Sebagai karyawan harus mampu memikirkan jalan keluar dari masalah.

"Ketika lihat satu masalah di kantor, divisi atau departemen kamu, bisa nggak dibereskan. Ya kalau ada masalah terus kamu menambah masalah, ya nggak efektif lah. Jadi cobalah jadi orang yang bisa problem solver," ucap Eza.

3. Kemampuan berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris dengan baik memang sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki ketika melamar pekerjaan. Dalam sebagian besar pekerjaan saat ini karyawan sering dihadapkan dengan situasi yang dituntut untuk bisa berbahasa Inggris.  

"Bahasa inggris ya. Sekarang kita dituntut untuk itu mau nggak mau. Kita nggak tahu mungkin klien kita atau bos kita itu orang asing," jelas Eza.

4. Kemauan dengarkan orang

Skill lainnya yang harus dimiliki adalah kemauan untuk mendengarkan pendapat orang lain. Ini penting dimiliki karena dalam bekerja pastinya tidak sendiri dan dihadapkan dengan rekan kerja. Kemauan mendengarkan orang lain tentunya akan membuat tim lebih kompak dan pekerjaan cepat terselesaikan.

"Terakhir mau dengarin orang. Memang kita masing-masing punya kepala, kita punya pikiran, tapi gimana caranya kita coba dengarin orang lain dulu, baru kita gimana caranya menjadi problem solver di tempat kerja kita," pungkas Eza Hazami.

Rekomendasi