Lembah Hunza Pakistan, Surga Dunianya para Petualang

| 02 Oct 2022 09:05
Lembah Hunza Pakistan, Surga Dunianya para Petualang
Lembah Hunza Pakistas (Unsplash)

ERA.id - Pakistan adalah salah satu negara yang diberkati dengan keindahan alam. Lembah Hunza Pakistan adalah salah satu destinasi wisata dunia yang menyimpan pesona alam.

Lembah Hunza adalah salah satu daerah yang paling indah di Pakistan. Hunza sering dikenal sebagai 'Surga di Bumi' merupakan lembah pegunungan yang indah yang terletak di wilayah Gilgit-Baltistan.

Lembah Hunza berada di bagian paling utara yang menghubungkan Cina dengan Pakistan. Wilayah Gilgit-Baltistan Gletser Biafo merupakan trek surga bagi para petualang dunia di antaranya trek base camp k2, trek Concordia, dan trek gondogoro la.

Tempat ini Dikelilingi oleh beberapa puncak tinggi termasuk Rakaposhi, puncak Ladyfinger dan puncak Hunza.

Perlu diketahui, Hunza sebelumnya adalah negara yang bertahan hingga tahun 1974 sebelum dibubarkan oleh Zulfiqar Ali Bhutto. Dulunya Ibukota Huanza adalah kota Baltit yang juga dikenal sebagai Karimabad.

Lembah Hunza Pakistan dan Cuaca indah

Iklim Hunza ketika sedang di musim panas hanya mencapai sekitar 14 derajat Celcius tetapi pada bulan Juli-Agustus dapat mencapai maksimum 31 derajat Celcius di pusat Hunza.

Lembah Hunza dan pegunungan yang selalu ditutupi es (Unsplash)

Akan tetapi pada musim dingin, suhu di Huanza mencapai -10 derajat Celcius atau bahkan lebih.

Penduduk Hunza cukup ramah, kooperatif, dan ramah. Umumnya, orang Hunza berbicara bahasa Urdu tetapi mereka juga menguasai beberapa bahasa lain seperti Shina, Wakhi, dan Burushaski.

Di Hunza, ada bazaar Karimabad yang terkenal dengan kerajinan tangan lokal, karpet buatan tangan, topi tradisional, bordir, syal, kain tenunan tangan, dan batu permata. Tambang Ruby di Hunza adalah tempat wisata yang terkenal.

Lembah Hunza terkenal dengan pegunungannya yang tertutup salju. Banyak orang datang ke Hunza hanya untuk melihat sekilas dinding es Gunung Rakaposhi yang bersinar. Selain itu juga terdapat gunung populer di Hunza termasuk Puncak Passu, Puncak Ultra, dan Kuksel Sar.

Letak Geografis Lembah Hunza

Lembah Hunza memiliki tiga subdivisi geografis, termasuk lembah Gojal, Hunza Bawah dan Atas. Tempat-tempat tersebut memiliki berbagai keindahan dan pemandangan alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pemandangan alam di Lembah Hunza (Unsplash)

Setiap tahunnya ribuan wisatawan berkunjung dan menikmati keindahan alam lembah Hunza dan sekitarnya.

Selain itu terdapat tempat wisata lain di dekat Lembah Hunza. Para wisatawan juga selalu mengunjungi dua tempat paling terkenal yaitu benteng Altit dan Baltit. Benteng Altit adalah benteng tertua di wilayah utara dan terletak di desa Altit.

Benteng Altit dibangun dengan desain arsitektur yang bagus di atas batu gunung. Di sana akan terlihat Sungai Hunza mengalir di belakangnya.

Sementara itu, Benteng Baltit adalah benteng indah lainnya di lembah Hunza yang dibangun di puncak Karimabad. Benteng Baltit kini telah berubah menjadi museum warisan setelah direnovasi.

Selain wisata budaya dan alam di Hunza, terdapat wisata gletser yang paling terkenal dan terpanjang di Pakistan yang dapat ditemukan di Lembah Hunza. Gletser populer di Hunza termasuk di antaranya Gletser Batura, Gletser Hussaini, dan Gletser Passu.

Semua gletser di Hunza terletak di Lembah Gojal. Gletser tersebut menarik ribuan wisatawan domestik dan internasional setiap tahun. Menariknya, peluang untuk hiking cukup besar di Lembah Hunza.

Selain Lembah Hunza Pakistan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi