Murah Meriah, Ini Alternatif Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat

| 30 Jan 2023 22:43
Murah Meriah, Ini Alternatif Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat
Alternatif transportasi ke bali tanpa naik pesawat (Unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa alternatif transportasi ke bali tanpa naik pesawat yang hanya membutuhkan dana relatif minim, mulai dari bus, kereta api, hingga mobil pribadi. Manakah yang paling murah?

Berikut adalah beberapa alternatif transportasi ke Bali tanpa naik pesawat:

●        Kereta api: Kereta api melalui jalur pantai utara Pulau Jawa menuju Bali. Ini adalah opsi paling nyaman dan aman, tetapi memakan waktu sekitar 26 jam.

●        Bus: Bus dari beberapa kota besar di Pulau Jawa tersedia menuju Bali. Ini adalah opsi yang lebih ekonomis dibandingkan kereta api, tetapi memakan waktu lebih lama dan kurang nyaman.

●        Mobil sewa: Mobil sewa bisa disewa dari beberapa kota besar di Pulau Jawa dan membawa Anda ke Bali melalui jalur darat. Ini adalah opsi yang paling fleksibel dan memberikan kebebasan untuk mengunjungi beberapa destinasi sepanjang jalan.

●        Kapal laut: Ada beberapa kapal laut yang mengirimkan penumpang dan kendaraan dari beberapa pelabuhan di Pulau Jawa menuju Bali. Ini adalah opsi yang paling cepat, tetapi juga paling mahal.

Penting untuk diingat bahwa beberapa alternatif transportasi ini mungkin memerlukan tambahan waktu dan biaya untuk memasuki Bali, seperti menyeberang dengan ferry atau menempuh jarak darat ke destinasi akhir.

Alternatif Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat dari Jakarta dengan Kereta Api

Tidak ada kereta api yang tersedia dari Jakarta ke Bali. Namun, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kereta api dari Jakarta atau kota lain di Pulau Jawa ke pelabuhan ferry terdekat, seperti Gilimanuk, dan melanjutkan perjalanan ke Bali dengan menyeberang menggunakan ferry.

Dari Jakarta Banyuwangi Anda bisa naik kereta api (Unsplash)

Beberapa operator ferry menyediakan layanan dari pelabuhan ke pelabuhan dan membawa kendaraan dan penumpang ke Bali. Ini adalah cara yang praktis dan efisien untuk mencapai Bali tanpa harus terbang. Berikut ini beberapa rute yang harus ditempuh:

●        Stasiun Pasar Senen – Stasiun Pasar Turi Surabaya

Dari Jakarta ke Surabaya Anda bisa memesan tiket kereta api Airlangga dengan harga Rp104 ribu untuk kelas ekonomi. Anda dapat memesan tiket di aplikasi KAI access. Tips: sebaiknya memesan tiket jauh hari karena biasanya akan cepat habis.

Perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya dengan kereta api membutuhkan waktu selama kurang lebih 11 jam.

●        Stasiun Pasar Turi – Pelabuhan Ketapang

Dari stasiun Pasar Turi Anda harus ke stasiun Surabaya Gubeng untuk menaiki kapal selanjutnya ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Anda dapat naik ojek online menuju stasiun Gubeng Surabaya dengan perkiraan biaya Rp12 ribuan.

●        Setiba di stasiun Surabaya Gubeng

Setelah Anda sampai di stasiun Surabaya Gubeng, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan kereta api Probowangi. Tarif yang perlu Anda keluarkan sekitar Rp56 ribu dengan waktu perjalanan kurang lebih 6-7 jam.

●        Pelabuhan Ketapang ke Bali

Di Stasiun Ketapang menuju pelabuhan Anda bisa jalan kaki. Kemudian dari pelabuhan Ketapang ke pelabuhan Gilimanuk Anda cukup membayar uang sekitar Rp85 ribu saja. Kemudian sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Anda dapat melakukan ke Denpasar dengan biaya Rp50 ribu.

Selain alternatif transportasi ke bali tanpa naik pesawat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi