Berapa Biaya ke Labuan Bajo? Bagi yang Hobi Plesiran Wajib Tahu Ini

| 25 Feb 2023 08:25
Berapa Biaya ke Labuan Bajo? Bagi yang Hobi Plesiran Wajib Tahu Ini
Ilustrasi backpacker ke Labuan Bajo (Antara)

ERA.id - Salah satu destinasi wisata yang mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah adalah Labuan Bajo. Presiden Jokowi sendiri sempat menyampaikan keterangannya saat melakukan peninjauan ke Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata di Kampung Baru, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu.

Jokowi menyebutkan, langkah penataan yang dilakukan terhadap kawasan tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dari pariwisata tersebut. Labuan Bajo sendiri adalah salah satu kota yang terletak di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. Kira-kira, berapa biaya ke Labuan Bajo?

Berapa biaya ke Labuan Bajo? Simak, Nih!

Ada bermacam-macam pilihan paket wisata yang dapat dicoba ketika Anda berlibur ke Labuan Bajo. Paket ini bisa meliputi tur dengan menggunakan kapal open deck yang ditetapkan dengan harga Rp600 ribu per hari.

Ilustrasi (Foto: Dok. Komodo Luxury)

Jika Anda ingin menggunakan kapal speed boat, ada beberapa pilihan paket yang disesuaikan dengan durasi persewaan. Persewaan speed boat ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp1,3 juta hingga Rp1,17 juta per hari. Sedangkan untuk trip speed boat 2 hari 1 malam yaitu Rp1,75 juta, dan untuk trip 3 hari 2 malam diberi harga Rp2,5 juta untuk satu orangnya.

Paket tersebut sudah terdiri dari paket snorkeling, pemandu wisata, speedboat, secangkir kopi atau teh, camilan dan buah-buahan lokal, kotak bekal makan siang, transportasi pp hotel-pelabuhan, serta air mineral.

Bagi Anda yang hendak berlibur dengan budget yang lebih murah, terdapat pilihan lainnya yang tentu saja fasilitas disesuaikan dengan harga.

Selain itu, terdapat beberapa agen perjalanan yang memberikan sewa trip mulai dari Rp500 ribu sampai Rp 1,375 juta dengan menggunakan kapal privat.

Adapun untuk tur keliling beberapa kota di NTT seperti Labuan Bajo, Flores, dan Wae Rebo dipatok dengan harga Rp310 ribu per orang.

Anda dapat memilih beberapa hotel untuk akomodasi penginapan yang disesuaikan dengan budget, mulai dari harga Rp120 ribu per malam sampai puluhan juta rupiah per malam.

Berapa Biaya Masuk Labuan Bajo?

Mulai 1 Agustus 2022 yang lalu, biaya masuk Labuan Bajo untuk Pulau Komodo dan Pulau Padar menjadi Rp3,75 juta per orang. Hal tersebut ditetapkan langsung oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tarif ini dikenakan bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Ketentuan biaya masuk ke Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta itu pun sudah melalui hasil kajian akademik para ahli lingkungan yang berasal dari IPB Bogor dan Universitas Indonesia yang diminta Pemerintah NTT secara khusus untuk mengkaji carrying capacity di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Hasil kajian yang didapatkan para ahli itu menunjukkan adanya penurunan nilai jasa ekosistem di kedua pulau tersebut sehingga harus diadakan konservasi untuk mengatasi kerusakan ataupupn jasa ekosistem ini.

Pemda juga telah membatasi kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, yaitu hanya 200.000 per tahun, sebab selama ini kunjungan wisatawan dapat mencapai 300.000-400.000 wisatawan yang cukup memberikan dampak negatif terhadap keseimbangan ekosistem pada kawasan wisata tersebut.

Tarif masuk yang ditetapkan sendiri selanjutnya akan digunakan untuk biaya konservasi, biaya peningkatan capacity building untuk pelaku pariwisata, biaya pemberdayaan masyarakat lokal, dan juga biaya pemantauan dan pengamanan.

Dengan demikian, total biaya yang perlu Anda persiapkan untuk berangkat liburan ke Labuan Bajo, khususnya Pulau Komodo dan Pulau Padar kira-kira mulai  dari Rp4,5 juta per orang.

Demikianlah penjelasan tentang biaya ke Labuan Bajo yang dapat Anda persiapkan. Semoga informasi ini menambah referensi dan manfaat bagi Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi