Tempat Wisata saat Libur Lebaran di Solo, Catat Lokasi-Lokasi Ini

| 23 Apr 2023 06:05
Tempat Wisata saat Libur Lebaran di Solo, Catat Lokasi-Lokasi Ini
Tempat wisata saat libur lebaran di solo (unsplash)

ERA.id - Apakah Anda lebaran tahun ini ada rencana mudik ke Solo? Jika iya, selain bersilaturahmi, manfaatkan waktu untuk liburan bersama keluarga. Apa saja tempat wisata saat libur lebaran di Solo?

Solo atau Surakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan sejarah dan budayanya yang kaya. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi di Solo saat libur Lebaran:

Rekomendasi Tempat Wisata saat Libur Lebaran di Solo

1. Batik di Pasar Klewer

Apakah Anda penggemar berat kain batik? Solo terkenal dengan kualitas batiknya dan Pasar Klewer adalah pasar tradisional di mana Anda bisa menemukan berbagai macam jenis dan kualitas batik.

2. Berburu barang antik di Pasar Triwindu

Pasar Triwindu adalah pasar barang antik di Solo. Pasar ini terletak di pusat kota dan merupakan surga bagi mereka yang tertarik dengan barang-barang antik seperti keris, wayang kulit, dekorasi,  dan lain-lain.

Pasar Triwindu Solo (Unsplash)

Tentu saja Anda harus berhati-hati saat berbelanja di sini. Sama seperti Jalan Surabaya di Jakarta, ada banyak produk palsu yang dijual di Pasar Triwindu.

Meskipun demikian begitu, berbelanja di Pasar Triwindu adalah pengalaman yang menyenangkan. Menjelajahi Pasar Triwindu terasa seperti berjalan-jalan di museum karena pasar ini relatif rapi dan bersih.

3. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta atau dikenal dengan nama Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Solo. Di keraton ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah dan budaya Jawa Tengah yang sangat kental. Selain itu, di sini juga terdapat museum yang menyimpan koleksi-koleksi kerajaan yang sangat menarik.

4. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan Lebaran. Di sini, pengunjung dapat menikmati taman yang indah dengan berbagai wahana permainan untuk anak-anak, serta pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit, tari Jawa, dan lain sebagainya.

5. Masjid Agung Kraton Surakarta

Masjid Agung Kraton Surakarta adalah salah satu landmark paling terkenal di Solo. Masjid ini memiliki desain tradisional Jawa, dan interiornya besar, lapang dan luas.

6. Kereta Uap Jaladara

Jika Anda berkendara di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Anda tidak boleh melewatkan kereta api tua “Sepur Kluthuk Jaladara”. Penduduk setempat biasanya menyebutnya kereta uap Jaladara.

Kereta Uap Jaladara adalah kereta api uap tradisional dari era kolonial dan dicat hitam. Menariknya Anda masih bisa menaiki kereta ini. Perjalanan dimulai dari stasiun Purwosari dan melintasi kota Surakarta dan berakhir di stasiun Sangkrah.

Namun reservasi lebih awal diperlukan jika Anda ingin menaiki kereta yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini.

7. Waduk Cengklik untuk Pecinta Sunset

Waduk Cengklik terletak di Boyolali. Tepatnya di sebelah barat bandara Adi Sumarmo Solo. Waduk ini merupakan tempat yang sempurna bagi para pecinta matahari terbenam dan orang-orang yang menyukai fotografi.

Selain itu, Anda dapat mengambil foto-foto yang bagus di waduk saat matahari terbenam dengan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu sebagai latar belakangnya.

8. Alun-Alun Surakarta

Alun-alun Surakarta merupakan salah satu bagian dari Keraton Surakarta. Di Kota Surakarta, Jawa Tengah, terdapat dua alun-alun, yaitu Alun-Alun Lor dan Alun-Alun Kidul Surakarta.

Alun-alun Kidul Surakarta malam hari saat ada acara (laman resmi Pemkot Surakarta)

Alun-Alun Kidul Surakarta berupa zona terbuka hijau atau tanah lapang di dekat Keraton Kasunanan Surakarta yang telah ada sejak tahun 1744. Luas dari alun-alun ini sekitar 3 hektare yang warnanya hijau karena ditumbuhi rerumputan. Lokasinya ada di selatan Keraton Kasunanan Surakarta, sedangkan keraton tersebut berada di Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Selain tempat wisata saat libur lebaran di Solo, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi