Remokendasi Tempat Berburu Sunset di Jogja, Masing-Masing Tempat Punya Keunikan

| 27 May 2023 07:15
Remokendasi Tempat Berburu Sunset di Jogja, Masing-Masing Tempat Punya Keunikan
Sunset di Jogja, Bukit Parayalang Watugupit (situs resmi Visiting Jogja)

ERA.id - Daerah Istmewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak sekali destinasi wisata alam. Anda bisa menikmati keindahan alam dalam berbagai suasana, termasuk suasana santai yang romantis saat sore hari. Ada beberapa tempat beruru sunset di Jogja yang patut untuk Anda kunjungi.

Lokasi tempat-tempat tersebut tersebar di beberapa daerah. Selain itu, sunset bisa terlihat lebih estetik karena beberapa tempat tersebut merupakan tempat wisata sejarah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan Era.id berikut ini.

Tempat Berburu Sunset di Jogja

1. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit berada di Kabupaten Bantul, DIY. Ini merupakan area lapang yang menghadap pantai selatan. Ketika cuaca bagus, pengunjung bisa mendapatkan pemandangan yang indah berupa perpaduan sunset dari ketinggian dengan laut lepas di bagian bawahnya.

Tempat wisata ini ada perbukitan sebelah timur Pantai Parangtritis, Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari Kota Yogyakarta, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

2. Puncak Suroloyo

Tempat ini berada pada ketinggian 1.019 mdpl, lebih tinggi dari Bukit Paralayang Watugupit. Pemandangan sunset yang tampak dari tempat ini juga berbeda dari Bukit Parayalang. Di Puncak Suroloyo, Anda bisa melihat sunset dan pemandangan gunung-gunung, seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Ketika sunset terjadi, pengunjung akan melihat keindahan beberapa puncak dari Pegunungan Menoreh, seperti Gunung Kunir, Gunung Trajumas, dan Gunung Ayamayam. Lokasi Puncak Suroloyo ada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Dari Kota Yogyakarta, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 33 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

3. Embung Nglanggeran

Kali Ini kita akan ke Kabupaten Gunungkidul. Embung Nglanggeran merupakan waduk kecil yang ada di ketinggian. Pemandangan sunset di embung ini terbilang unik sebab berada di ketinggian, tetapi juga seperti sedang melihat sunset di pantai. Itu karena air di embung yang dapat memantulkan sinar matahari.

Embung Nglanggeran berada di Desa Nglanggran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung ini termasuk dalam kawasan Gunung Api Purba. Dari Kota Yogyakarta, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 1 jam.

4. Candi Ratu Boko

Sunset di Candi Ratu Boko (situs resmi Dinas Pendidikan Kulon Progo)

Candi Ratu Boko tidak hanya menawarkan wisata sejarah, tetapi juga pemandangan alam yang indah. Dari candi ini, Anda bisa melihat sunset dengan kesan dan suasana yang sangat menarik.

Sunset di Candi Ratu Boko memberikan pemandangan yang unik karena munculnya siluet gerbang candi yang ikonik. Lokasi Candi Ratu Boko ada di Dusun Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Dari Kota Yogyakarta, Anda perlu melakukan perjalanan kurang lebih 20 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Itulah berbagai tempat berburu sunset di Jogja dengan keindahan dan keunikan masing-masing. Akhir pekan ini, mau ke mana Anda?

Rekomendasi