Penting Apresiasi Diri, 4 Ide Seru Mengisi Liburan Akhir Tahun

| 21 Dec 2023 19:30
Penting Apresiasi Diri, 4 Ide Seru Mengisi Liburan Akhir Tahun
Ilustrasi liburan di pantai (Unsplash)

ERA.id - Tidak terasa sebentar lagi kita akan menutup tahun 2023. Setelah melewati satu tahun yang penuh kerja keras, jangan lupa untuk memberi apresiasi bagi diri sendiri dengan rehat sejenak sambil mempersiapkan tahun depan yang lebih baik.

Momen akhir tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dengan diri sendiri maupun orang tersayang dan ditemani dengan kemeriahan.

Berikut ide untuk mengisi akhir tahun yang dirangkum Era.id dari siaran resmi yang diterima Era.id.

1. Berwisata dan mengunjungi tempat hiburan bersama keluarga

Setelah berkutat dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk berkumpul karena kesibukan, berwisata atau sekedar pergi ke pusat perbelanjaan bersama bisa menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Menjelajahi pantai atau menikmati pemandangan asri pegunungan juga dapat menjadi sesi healing dan refreshing untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Tentu persiapan dan perencanaan harus dilakukan dari jauh hari agar liburan akhir tahun dapat berjalan lancar dan menyenangkan. Tidak hanya akomodasi dan transportasi, peralatan yang tepat, pakaian yang sesuai, hingga kebutuhan perawatan juga harus disiapkan. Kalau kamu berencana untuk berlibur ke pantai atau gunung, pasti kamu ingin tampil prima dengan baju baru untuk foto-foto yang akan diambil.

2. Menghabiskan waktu di rumah sambil merawat diri

Buat kaum introvert, seharian di rumah mungkin adalah me-time yang diimpi-impikan. Kamu bisa membalas dendam waktu tidur yang terbuang maupun maraton film-film yang belum sempat ditonton.

Manfaatkan untuk stok makanan ringan dan minuman kesukaan untuk menemani kamu menonton maupun membaca buku di rumah. Luangkan waktu juga untuk menggerakan badan dengan berolahraga simpel yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga atau cardio.

3. Menata ulang interior rumah

Tahun baru, suasana baru! Banyak orang melakukan dekorasi dan menata ulang posisi furnitur yang ada di rumah. Tidak hanya memberikan tampilan yang baru dan meningkatkan kenyamanan, mengubah tata letak barang yang ada di rumah juga dapat membuat rumah terlihat lebih rapi sehingga lebih apik untuk dilihat.

Persiapkan kotak penyimpanan untuk memilah barang sesuai kategori dan membuang yang sudah tidak terpakai. Hal ini akan memudahkan kamu untuk lebih mudah ketika harus menemukan barang yang dibutuhkan. Saat sedang berberes, kamu juga bisa sambil membersihkan sudut rumah yang sudah berdebu dan selama ini tidak sempat tersentuh menggunakan robot vacuum cleaner yang sedang tren saat ini. Agar rumah terlihat lebih cantik, tambahkan juga beberapa hiasan dan lukisan yang bisa kamu temukan dengan harga yang terjangkau.

4. Bermain sambil belajar bersama Si Kecil

Karena kesibukan yang menumpuk, beberapa orang tua mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk bermain bersama Si Kecil. Nah, inilah waktu yang tepat bagi Ayah dan Bunda untuk memanfaatkan waktu libur akhir tahun ini untuk menghabiskan waktu dan bermain bersama anak. Tidak harus pergi keluar atau jalan-jalan, kamu juga bisa menciptakan permainan yang seru di rumah sambil mengasah kemampuan Si Kecil. Kamu bisa mengajak Si Kecil bermain puzzle, bermain board game maupun permainan sensori motorik lainnya yang dapat ditemukan dengan mudah di Shopee.

Kamu juga bisa mengajak Si Kecil untuk memasak bersama sambil mengajarkan proses membeli dan menyiapkan bahan-bahan hingga cara memasaknya. Diskusikan jenis makanan apa yang mau Si Kecil buat dan buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan. Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencari dan membeli nya di Shopee sambil scroll-scroll bersama Si Kecil yang bisa jadi momen istimewa untuk membangun kedekatan bersama mereka.

Rekomendasi