Misteri Batu Al Naslaa yang Terbelah Sempurna di Gurun Arab

Tim Editor

Batu Al Naslaa (saudi-archaeology.com)

ERA.id - Sebuah bongkahan batu di Padang Pasir Tayma, yang lokasinya berada di barat laut Arab Saudi atau di pertengahan Madinah dan Dumah, masih diselimuti misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Batu raksasa tersebut sering disebut Al Naslaa, pernah dengar? Yang membuatnya sangat unik yaitu batu raksasa ini terlihat seperti terbelah dua dengan rapi. Jika diperhatikan, belahan batu ini terbelah sempurna seperti yang ditebas pedang.

Batu ini terdiri dari dua bagian dalam satu formasi. Keduanya nampak memiliki penyangga berupa batu kecil di bagian bawahnya.

kedua batu yang terbelah itu masing-masing memiliki penyangga berupa batu kecil di bagian bawahnya. Suatu formasi batu yang mampu membuat ahli arkeolog bingung dan dianggap sebagai misteri.

Hipotesa mengenai garis lurus yang membelah batuan pun mulai bermunculan. Mulai dari yang bersifat ilmiah, hingga disebabkan oleh peradaban luar bumi yang cerdas. Beberapa kemungkinan yang diungkapkan adalah sedikit pergeseran di bawah salah satu penyangga hingga menyebabkan batu terbelah atau senjata laser dari makhluk luar angkasa yang memiliki peradaban lebih maju.

Batu Al Naslaa (saudi-archaeology.com)

 

Seperti dilansir saudi-archaeology.com, Jumat (30/10/2020), selain terbelah secara sempurna, gambar hewan pada batu Al-Naslaa juga menjadi bahan penelitian berikutnya. Daerah Tayma Oasis sendiri menurut penelitian pernah ditempati oleh banyak orang mulai dari keluarga kerajaan Babilonia hingga pedagang.

Mereka berinteraksi lewat media dengan berbagai cara, termasuk menulis dan menggambar di atas bebatuan. Salah satu buktinya adalah gambar kuda dan orang yang tergambar di permukaan batu.

Hingga kini, belum ada teori memuaskan mengenai Al Naslaa. Ada yang beranggapan, kalau itu hanyalah hasil pengikisan bebatuan karena kandungan mineral yang terdapat di bagian yang terbelah lebih sedikit. Tapi tetap saja, ahli arkeolog bertanya-tanya, bagaimana bisa lurus begitu belahan pada batunya? Bisa bertahan sampai kapan batunya sebelum jatuh?

Satu lagi, ternyata terdapat lukisan kuno di permukaan batu Al Naslaa ini. Ada lukisan berupa kuda dan manusia di dekat bagian yang terbelah. Tapi tentu saja, lukisan itu sampai kini belum terungkap asal muasalnya.

 

Tag: misterius

Bagikan: