Sajikan Pemandangan yang Estetik, Ini 5 Destinasi Wisata Keren Magelang

| 22 Feb 2021 18:45
Sajikan Pemandangan yang Estetik, Ini 5 Destinasi Wisata Keren Magelang
Jembatan gantung mangunsuko ((Instagram @ariesieass))

ERA.id - Jangan salah, tempat wisata di Magelang tak hanya Candi Borobudur saja, lho. Ternyata banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah keren dari Candi Borobudur yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata alam, hingga wisata kekinian.

Penasaran tempat wisatanya apa saja? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini yang sudah dirangkum oleh tim Era.ID.

1. Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan termasuk tempat wisata tersembunyi di Magelang yang penuh dengan pesona alam indah. Tempat wisata ini sangat luas dan sejuk karena terletak di Lereng Barat Gunung Merbabu. Poin utama yang menjadi daya tarik wisata ini adalah pohon-pohon pinus yang tumbuh menjulang secara berjajar. Dengan latar belakang deretan pohon pinus membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berburu foto.

Hutan pinus kragilan (dok.Era.id/Yesica Verawaty Sitinjak)

Selain latar pohon pinus, tempat ini juga menyajikan berbagai spot foto menarik lainnya dengan properti yang beragam. Tak perlu khawatir ribet untuk mengambil foto karena di tempat ini banyak penyedia jasa fotografer. Untuk biaya fotografer sangat murah, dengan biaya per foto Rp.1.500. Hutan Pinus Kragilan buka setiap hari dengan harga tiket masuk weekdays Rp.10.000 dan weekend Rp.15.000.

2. Gereja Ayam Bukit Rhema

Mengunjungi tempat yang satu ini, kamu akan disajikan pemandangan bangunan dengan arsitektur unik berbentuk ayam yang dipadukan dengan alam yang indah. Dalam tempat ini, para pengunjung bisa menikmati koleksi lukisan bersejarah dan mengedukasi, menikmati kuliner lokal, melakukan ibadah, hingga menikmati sunrise dan sunset dengan latar pegunungan indah di atap gereja.

Gereja ayam bukit rhem (dok.Era.id/Yesica Verawaty Sitinjak)

Tempat wisata yang satu ini menjadi terkenal sejak dijadikan tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Gereja Ayam Bukit Rhema dibuka mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Untuk masuk ke tempat ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp.20.000.

3. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko merupakan destinasi wisata kekinian yang sedang hits di Magelang. Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 llau, tempat wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung. Dengan jembatan yang bernuansa bak di luar negeri, dipadukan dengan indahnya air terjun dan rerumputan yang indah bakal bikin foto kamu kece abis. 

Tak hanya bisa memandang aliran sungai yang indah, dari atas jembatan kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merapi. Tempat ini terletak di Dusun Grogol, yang dapat ditempuh dengan waktu 40 menit dari pusat Kota Magelang.

4. Junkyard Autopark & Cafe

Jika kamu suka sesuatu yang berbau vintage, Junkyard Autopark & Cafe menjadi tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi di Magelang. Tempat ini menawarkan spot-spot foto dengan barang yang sudah tak terpakai, seperti mobil dan motor tua yang disulap menjadi properti foto yang instagramable banget.

junkyard autopark & cafe (dok.Era.id/Yesica Verawaty Sitinjak)

Dengan perpaduan spot foto menarik dan pemandangan alam yang luar biasa, tak jarang potret yang dihasilkan di tempat ini seperti berada di luar negeri. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp.15.000.

5. Sungai Elo

Ingin menghabiskan waktu liburan di Magelang dengan wisata air? Kamu bisa mengunjungi Sungai Elo dan menikmati permainan arung jeram di tempat tersebut. Menikmati arung jeram di sungai ini sangat aman untuk pemula. Arung jeram di Sungai Elo akan menempuh jarak 12,5 KM dengan waktu 2,5 jam.

Satu hal yang menjadi ciri khas arung jeram di sungai ini adalah aliran air yang jernih dengan dan dikelilingi oleh hutan dan pemandangan desa setempat. Untuk biaya arung jeram di Sungai Elo berkisar Rp.650.000 untuk satu perahu berisi enam orang. Namun, di masa pandemi COVID-19 satu perahu hanya bisa diisi oleh 4 orang.

Itulah beberapa destinasi wisata keren Magelang yang tidak boleh kamu lewatkan. Di antara semuanya, kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu nih?

Rekomendasi