Inovasi Sepatu Lokal yang Memadukan Kenyamanan dan Gaya

| 19 Aug 2024 20:50
Inovasi Sepatu Lokal yang Memadukan Kenyamanan dan Gaya
Uma Hapsari dan Kiki Siantar, owner dari merek sepatu lokal 1001 officiel (dok. 1001 Officiel)

ERA.id - Di tengah maraknya produk-produk global yang menawarkan berbagai inovasi, tak sedikit orang yang mulai kembali menilai-nilai dari produk sepatu lokal.

Salah satu contoh inspiratif dari tren ini adalah berkembangnya merek sepatu lokal yang tidak hanya memperhatikan desain dan estetika, tetapi juga mengutamakan kenyamanan sebagai prioritas, 

Salah satu gerai sepatu lokal yang menonjol dalam hal ini adalah 1001. Didirikan oleh dua perempuan muda kreatif yang memiliki passion dalam dunia fashion, 1001 fokus pada produk yang menggabungkan gaya dengan kenyamanan. 

Setiap pasang sepatu yang diproduksi melalui proses sedemikian rupa, mulai dari pemilihan bahan berkualitas hingga riset dan pengujian untuk memastikan kenyamanan maksimal bagi pengguna. 

"Kami membuat merek 1001 ini berdasarkan pengalaman pribadi, yaitu mencari kenyamanan dan desain saat membeli sepatu. Karena itu kami mengutamakan produk sepatu yang tak cuma cantik, tapi juga fit in to feet," kata Uma Hapsari, owner 1001 di opening gerainya di Plaza Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Uma menyadari, sepatu bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga harus mendukung aktivitas sehari-hari tanpa mengorbankan kenyamanan kaki saat melangkah.

Uma mengatakan, setelah satu dekade berkecimpung di industri footwear, dia memutuskan untuk memulai babak baru yakni membuat brand sepatu lokal yang bukan hanya cantik, namun menggunakan material unik agar nyaman dipakai.

Bersama Kiki Siantar, seorang lulusan fashion design dengan kecintaan yang luar biasa terhadap sepatu, keduanya memutuskan untuk bersama-sama membuat brand sepatu 1001, pada 10 Januari 2024 lalu.

"Saya dan Kiki  berbagi tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. Kiki sangat passionate di bidang design dan pengembangan produk, sedangkan tanggung jawab saya lebih ke bagian bisnis dan management," tutur Uma. 

Koleksi sepatu 1001
Koleksi sepatu 1001 (dok. 1001 Officiel)

Bahan yang digunakan di setiap sepatu telah dipilih dengan cermat, mengutamakan material yang lembut dan tahan lama, seperti Tender Touch berupa knit yang sudah di-coating sedemikian rupa agar nyaman dipakai dalam kesempatan apapun.

Inovasi dalam desain sol sepatu hingga insole-nya juga menjadi perhatian khusus, dengan penggunaan teknologi terbaru untuk memberikan dukungan dan kenyamanan optimal. 

Tidak hanya itu, bentuk dan ukuran sepatu juga dirancang untuk menyesuaikan dengan berbagai tipe kaki, sehingga pelanggan dapat menemukan sepasang sepatu yang sempurna.

"Selain dari segi warna dan gaya, keunikan utama produk 1001 kali ini adalah dari segi material yang digunakan. Diberi nama Tender Touch karena saking lembut, nyaman, dan anti lecetnya produk ini sangat stretchy, sehingga nyaman dipakai perempuan dengan kaki lebar, bahkan bunion," ujar Uma Hapsari.

1001 juga berkomitmen untuk menjaga kualitas produknya dengan mengutamakan proses produksi yang bekerja sama dengan pengrajin lokal untuk memas tikan setiap detail sepatu dikerjakan dengan penuh ketelitian. 

Hal ini tidak hanya menghasilkan produk berkualitas hingga mengutamakan kebutuhan dari pelanggan.

"Kami percaya kalau kami sekadar jualan, kalau pelanggan merasa tidak nyaman atau tidak cocok ya kami memberikan garansi boleh di refund. Buat kami, puas adalah ketika mengetahui customer kami juga puas dengan produk kami,” pungkas Kiki Siantar.

Rekomendasi