Berapakah Modal Menjadi Polisi Gadungan?

Tim Editor

Polantas (Sumber: NTMC Polri)

Jakarta, era.id - Polda Metro Jaya menangkap Joseph Anugerah, pria 20 tahun yang kedapatan beraksi sebagai polisi gadungan dan diduga melakukan pemerasan terhadap sejumlah pengendara yang melintasi jalan layang non-tol Kasablanka, Jakarta Selatan pada Minggu (15/7) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, Joseph telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya untuk menjalani proses hukum lanjutan. Menurut pengakuan Joseph, ia telah tiga hari berturut-turut melakukan aksi ngibulnya.

Seluruh aksi ia lakukan di jam yang sama, yakni setiap pukul 17.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Di hari pertama aksi, Joseph berhasil mengumpulkan uang pungli sebesar Rp170.000. Kemudian, di hari kedua, ia berhasil memungut Rp150.000.

Di hari ketiga, total pungutan yang berhasil dikumpulkan Joseph meningkat sampai Rp200.000. "Total pelaku memeras Rp502.000 dari pengendara yang tidak menunjukkan dokumen," tutur Argo sebagaimana kami kutip dari Antara, Selasa (17/7/2018).

Enggak cuma memungut uang pengendara, Joseph juga diketahui sempat mengerjai sejumlah pelanggar dengan menyuruh mereka melakukan push up. Yang ini agak kocak, sih. Andai punya kesempatan seperti Joseph, saya pun tertarik mengerjai para pelanggar itu (he he he).

Aksi Joseph mengerjai seorang pengendara motor pun sempat diunggah di akun Instagram @ndorobeii pada Senin (16/7). "Yang bersangkutan juga meminta pengendara sepeda motor (push up) yang mencoba melalui JLNT Casablanca pada hari Kamis sekitar pukul 17.00 WIB," kata Argo.

Kepada polisi, Joseph mengaku aksi konyolnya itu ia lakukan karena dirinya terobsesi pengin jadi polisi. Uang-uang hasil pungutan yang ia dapat, kata Joseph ia pergunakan untuk memenuhi kebutuhan harian. Atas aksinya, Joseph dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman penjara paling lama empat tahun.
 

Modal jadi polisi gadungan

Dalam video yang diunggah akun Instagram Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Joseph terlihat mengenakan atasan lengan panjang berwarna hitam yang dibalut rompi hijau polisi lalu lintas.

Selain rompi, Joseph juga terlihat mengenakan topi pet polisi lalu lintas berwarna putih, sepatu PDL, dan terlihat menenteng sebuah handy talky (HT).

Kata Joseph, seluruh atribut itu ia beli di tempat berbeda. Beberapa di Pasar Senen, Jakarta Pusat, sebagian lagi ia beli di Bandung, Jawa Barat. Nah, untuk HT, Joseph mengaku barang itu ia pinjam dari rekan ibunya yang bekerja di sebuah perusahaan pertambangan.

Enggak cuma atribut, saat diperiksa petugas, Joseph mengaku sebagai anak seorang perwira kepolisian. Selain itu, Joseph juga kedapatan mengantongi kartu tanda anggota (KTA) polisi yang ternyata palsu.

Sekilas, Joseph memang terlihat seperti polantas kebanyakan: dengan badan tambun yang dibalut berbagai atribut polisi. Tapi, berapa ya kira-kira modal yang harus Joseph keluarkan untuk beraksi sebagai polisi gadungan?

Kami mengumpulkan data harga dari berbagai toko online yang menjual atribut kepolisian dan mengakumulasi seluruh harga tersebut ke dalam simulasi starter pack yang harus dilengkapi seorang polisi tiap kali bertugas.

Hasilnya, situs belanja online kaporlap.com misalnya, menjual sepasang sepatu PDL polantas seharga Rp300.000. Kemudian, untuk satu set seragam dan celana polisi, sebuah toko online di situs jual beli bukalapak.com menjual dengan harga Rp230.000.

Untuk rompi hijau polantas, toko online lain di bukalapak.com menjualnya dengan harga Rp135.000. Sementara untuk melengkapi gaya seorang polantas, kamu bisa menambahkan lencana kewenangan polri dan rubber patch polantas yang masing-masing dijual seharga Rp95.000 dan Rp10.000.

Belum selesai, untuk meniru total gaya polantas, kamu perlu topi pet putih polantas yang dijual seharga 350.000 di sebuah toko online di situs tokopedia.com. Kalau mau lebih keren kayak Joseph, kamu bisa melengkapi gayamu dengan kacamata hitam Oakley Daytona yang murah meriah dijual harga Rp160.000.

Dari pemaparan di atas, total uang yang harus kamu keluarkan sebagai modal jadi polisi gadungan mencapai angka Rp1.280.000. Lumayan banget kan? Kalau melihat angka tersebut, Joseph kayaknya rugi bandar, nih. Balik modal saja belum.

Tag: viral anak nonton porno

Bagikan: