PPP Sejak Dulu Mencalonkan Ma'ruf Amin

Tim Editor

Presscon Pengumuman Pendamping Jokowi (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua umum PPP M Romahurmuziy (Romi) mengatakan sudah sejak lama mencalonkan Ma'ruf Amin sebagai pendamping Jokowi di Pemilu Presiden 2019. Ma'ruf dianggap orang yang paling tepat untuk mendampingi Jokowi saat ini.

"Sejatinya, sudah sejak lama PPP mencalonkan KH Ma'ruf Amin untuk mendampingi Jokowi. Bahkan sejak 3 Desember 2017," kata Romi di Resto Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).    

Romi menjelaskan, banyak pertimbangan yang harus diambil Jokowi sebelum memutuskan untuk memilih Ma'ruf Amin sebagai pasangannya. 

"Tentunya jika ditinjau dari elektabilitas saja tentu berbeda, tapi dari berbagai pihak banyak pertimbangan aksetabilitas yang menjadi pertimbangan, namun ada kenyamanan konteksitasi yang dipilih bahwa Indonesia ini berdiri di atas pelangi nasionalisme yang pas," jelas Romy.

Baca Juga: Alasan Jokowi Pilih Ma'ruf Amin Sebagai Cawapres

Selain itu, pemilihan KH Ma'ruf Amin juga untuk menghindari gesekan-gesekan dari isu SARA yang kerap terjadi saat pemilu.

"Alasan lainnya juga supaya tidak ada nuansa-nuansa kebencian baik itu sara maupun lainnya selama kampanye," imbuh Romi.

Calon presiden petahana Joko Widodo telah memastikan Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya maju pada kontestasi politik Pemilu Presiden 2019.

Duet Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019
(Ilustrasi istimewa)

Jokowi menegaskan, keputusannya ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, Ma'ruf Amin adalah sosok yang tepat untuk melengkapi kepemimpinannya yang ia sebut nasionalis religius.

"Kami saling melengkapi. Nasionalis religius," kata Jokowi di Resto Plataran, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Ma'ruf Amin dinilai sebagai sosok berpengalaman. Jokowi mengatakan, Amin pernah duduk di kursi legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, dan MPR RI. 

Ma'ruf pun pernah menjabat sebagai Wantimpres, rais am NU, dan Ketua MUI, serta Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Tag: jokowi-maruf amin pilpres 2019 ppp

Bagikan: