Penyelamat Merah Putih, Aksi Joni Simbol Patriotisme Zaman Now

Tim Editor

Yohanes Ande Kala Marcal atau yang akrab disapa Joni di Kantor Kemendikbud RI. (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Mendikbud RI Muhadjir Effendy menilai, aksi heroik memanjat tiang bendera pada HUT Kemerdekaan ke-73 RI, yang dilakulan Yohanes Ande Kala Marcal atau yang kerap disapa Joni merupakan bentuk patriotisme zaman now.

"Secara simbolik itu kan bentuk patriotisme zaman now, di mana ketika bendera merah putih mau dikibarkan bermasalah, secara simbolik itu makanya hampir sama dengan ketika ada peristiwa Surabaya 10 November, ada anak muda manjat bendera merah putih biru kemudian dia sobek birunya mirip (aksi Joni) dengan setting peristiwa yang berbeda," kata Muhadjir di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Menurut Muhadjir, sikap Joni menunjukan bahwa pendidikan karakter sudah berhasil diterapkan oleh sekolahnya. Kedepan, ada lima pendidikan karakter yang akan ditekankan di sekolah-sekolah.

"Saya bilang ini sudah bisa sebagai contoh pendidikan karakter yang berhasil di sekolah, karena ada lima pendidikan karakter di sekolah yang kita tekankan religiulitas, cara beragama yang benar termasuk toleransi, kemudian, nasionalisme, patriotisme," tuturnya.


Joni bersama Mendikbud RI Muhadjir Effendy. (Mery/era.id)

"Integritas terutama kejujuran, di mana sekarang di Indonesia kejujuran barang yang sangat mahal, kemandirian dan terakhir gotong royong. Jadi sekolah-sekolah kita dengan program BPK itu kita harapkan diwarnai dengan lima itu," sambungn.

Muhadjir juga mengaku saat mendapat video aksi heroik Joni, dirinya langsung meminta staf Kemendikbud untuk mencari tahu tentang Joni. Sebab, katanya, video tersebut akan ramai diperbincangkan publik. 

Supaya kamu tahu, Yohanes Ande Kala Marcal atau yang kerap disapa Joni merupakan siswa kelas VII Sekolah Menengah Pratama (SMP) Negeri 1 Silawan, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya setelah melihat video Joni langsung kontak pak Irvan untuk segera kontak keluarga (Joni). Karena saya tahu ini akan jadi ramai dan nanti siang dia (Joni) akan diterima Pak Presiden di Istana. Saya sangat mengapresiasi kenekatan Joni itu, nekad dalam arti yang positif," terangnya.
 

Tag: viral anak nonton porno upacara 17 agustus 2018 hut kemerdekaan indonesia

Bagikan: