Artis Inisial R Muncul, Profil Jeremy Imanuel Santoso Menarik Perhatian

| 31 Mar 2023 16:40
Artis Inisial R Muncul, Profil Jeremy Imanuel Santoso Menarik Perhatian
Jeremy Imanuel Santoso (Instagram @jimanuel28)

ERA.id - Profil Jeremy Imanuel Santoso menjadi sorotan publik. Dia adalah menantu dari Rafael Alun Trisambodo, mantan pejabat Ditjen Pajak. Saat ini Rafael tersandung kasus gratifikasi dan hal tersebut diduga berkaitan dengan selebritas berinisial R.

"Inisial R itu siapa? Ini sedang kami dalami. Apakah R itu huruf depannya atau itu ada di tengah atau ada di ujung. Itu yang sedang kita dalami. Yang jelas ada R-nya," terang Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur di Jakarta, Kamis (30/3/2023), dikutip Era.id.

Lalu, apa hubungan hal tersebut dengan Jeremy? Menantu Rafael itu bekerja dengan seorang selebritas kaya yang memiliki nama dengan huruf awal R, yaitu Raffi Ahmad. Hal tersebut memunculkan dugaan bahwa inisial R yang dimaksud KPK adalah suami dari Nagita Slavina itu.

Mengenal Profil Jeremy Imanuel Santoso

Jeremy Imanuel Santoso merupakan suami dari Angelina Embun Prasasya alias Sasya, kakak perempuan Mario Dandy Satrio. Jeremy dan Sasya menikah pada tahun 2021.

Jeremy memiliki latar belakang keluarga selebritas. Dia merupakan adik dari penyanyi ternama, yakni Cantika Abigail. Dengan kata lain, dia adalah anak dari penyanyi terkenal lawas, Jean Pattikawa sekaligus cucu dari artis terkenal Tanah Air, Rina Hasyim. Kakek dari Jeremy adalah sutradara terkenal, Cris Pattikawa, sedangkan ayahnya bernama Djoko Iman Santoso.

Jeremy adalah lulusan IUP International Relation Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM). Saat ini dia bekerja di bidang manajemen tim olahraga, yaitu menjadi Presiden RANS PIK Basketball. RANS PIK Basketball merupakan tim basket yang dimiliki oleh selebritas, Raffi Ahmad.

Jeremy, Inisial R, dan Rafael Alun

Dari latar belakang Jeremy, tak heran jika dia kerap terlihat bersama dengan para selebritas Tanah Air, seperti Gading Marten, Nicholas Sean, dan Sean Gelael. Latar belakang tersebut pula yang menjadi alasan warganet menduga Raffi Ahmad sebagai sosok yang terlibat dalam kasus gratifikasi Rafael Alun.

Para artis yang dekat dengan Jeremy Imanuel Santoso (Instagram @jimanuel28)

Kemunculan inisial R dalam kasus Rafael Alun berawal dari penjelasan Indonesian Audit Watch (IAW). Disebutkan bahwa terdapat seorang artis berinisial R yang diduga mengendalikan bisnis yang awalnya bermodal Rp170 miliar.

"Ternyata Rafael terakses dengan ada orang kaya baru yang mengendalikan bisnis modal dasarnya Rp170 miliar lalu bisnis ini angkanya (menjadi, red) triliunan," terang Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), dilansir YouTube KH Entertainment.

"Inisial orang kaya baru ini R," lanjutnya.

Meski demikian, IAW enggan menyebutkan dengan jelas sosok dari inisial R tersebut. Mereka hanya menyebutkan inisial tersebut dan menyebutnya sebagai orang kaya baru.

Iskandar juga berpesan kepada masyarakat bahwa ada banyak sosok yang terlihat terhormat, tetapi orang tersebut ternyata ikut merampas uang rakyat. Hal tersebut perlu diwaspadai masyarakat.

"Kami hanya mengingatkan bahwa banyak yang terlihat seakan-akan terhormat, sejatinya dia adalah merampas kehormatan uang rakyat yang ditilep koruptor," terangnya.

Rekomendasi