Setara Institute: Jangan Politisir Pemeriksaan Amien Rais

Tim Editor

Amien Rais diperiksa Polda Metro Jaya . (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Setara Institute, Hendardi menyebut pemeriksaan terhadap anggota Dewan Pembina BPN Prabowo-Sandi, Amien Rais sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana kebohongan Ratna Sarumpaet adalah proses hukum biasa.

Menurutnya, proses pemeriksaan sebagai saksi merupakan hal lazim yang dilakukan pihak kepolisian untuk mengungkap kebenaran dalam sebuah kasus pidana.

"Karena itu, upaya-upaya menggeser persoalan hukum menjadi persoalan politik tidak lah relevan," kata Hendardi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/10/2018).

Hendardi menambahkan, dukungan yang diberikan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 bisa saja memantik dan menjadikan persoalan hukum yang biasa saja menjadi persoalan politik. Sebabnya, Amien Rais dan pendukungnya menyebarkan berbagai ancaman.


Suasana pendukung Amien Rais saat menjalankan salat Zuhur di depan Mapolda Metro Jaya. (Diah/era.id)

"Sebagai warga negara M. Amien Rais mestinya menyikapi pemanggilan pemeriksaan ini sebagai proses hukum normal dalam kerangka penegakan hukum," jelasnya.

Pernyataan Amien Rais dan para pendukungnya yang berisi ancaman, seperti penggantian Kapolri Tito Karnavian dan provokasi kebencian, lanjut Hendardi, merupakan manuver politik yang tak mencontohkan hal baik pada masyarakat, soal kepatuhan terhadap prosedur hukum.

"Politisasi justru datang dari pihak Amien Rais yang ditujukan untuk melindungi dirinya secara berlebihan. Padahal Amien Rais hanya dimintai keterangan sebagai saksi. Meski demikian, upaya Amien Rais membongkar kasus KPK dan mengkritisi kinerja Polri merupakan hak yang bersangkutan dan tidak bisa dipersoalkan," ujar Hendardi.

Baca Juga : Massa Pendukung Amien Sempat Bersitegang dengan Polisi

Dia juga berpesan agar kontestasi politik yang terjadi saat ini menjadi pesta demokrasi yang menggembirakan. Apalagi, dalam Pemilu 2019 nanti masyarakat dapat memilih pilihannya secara merdeka.

"Publik mahfum (harus tahu) bahwa dinamika menjelang Pemilu 2019 telah menyulut berbagai ketegangan yang dipicu oleh elite politik. Kontestasi politik hendaknya menjadi riang gembira, karena di sanalah rakyat bisa menunaikan haknya untuk menentukan pilihan secara merdeka," tutupnya.


Aksi demonstrasi untuk mengawal pemeriksaan Amien Rais di depan Mapolda Metro Jaya. (Diah/era.id)

Tag: amien rais diperiksa

Bagikan: