Pendukung Amien Ancam Bawa Massa Lebih Banyak

Tim Editor

Massa aksi pembela Amien Rais di Polda Metro Jaya. (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Massa pendukung Amien Rais mengancam mendatangkan massa yang lebih banyak jika Amien Rais tidak selesai diperiksa hingga siang ini. Amien diperiksa untuk kasus berita hoaks Ratna Sarumpaet.

"Sampai zuhur jika pak Amien tidak keluar dari Polda Metro Jaya dengan status jelasnya, maka arahkan azan kaum muslimin untuk datang ke Polda sekarang. Kita kirimkan WA dan SMS untuk kaum muslimin yang lainnya," kata Wakil Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Asep Syaripudin di depan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2018).

Asep meminta massa tetap berada di depan Polda Metro Jaya hingga pemeriksaan Amien Rais selesai. "Kita akan duduki Polda ketika pak Amien tidak pulang bersama kami," tegasnya.

Menurut Asep, pihaknya membela Amien karena merasa Ketua Dewan Kehormatan PAN itu adalah korban dari kebohongan Ratna Sarumpaet. Makanya, mereka tidak terima kalau Amien disalahkan dalam kasus penyebar kebohongan Ratna tersebut.

"Pak Amien Rais itu bukanlah orang yang berbohong ketika pak Amien Rais merespon memudian merasa empati, proses empatinya pada waktu itu Amien belum mengetahui bahwa yang disampaikan oleh Ratna Sarumpaet adalah sebuah kebohongan. Sangat salah sasaran apabila Amien dianggap turut serta menyebarkan hoaks," kata dia.


Amien Rais diperiksa Polda Metro Jaya. (Mery/era.id)

Amien Rais memenuhi undangan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Sebelum diperiksa, dia menggelar jumpa pers singkat. Amien menduga pemanggilan dirinya sebagai indikasi adanya upaya kriminalisasi.

Amien bercerita saat malam tadi dia menonton salah satu program acara di Metro TV. Di situ ada penjelasan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto yang menyebut pemanggilan Amien Rais merujuk pada keterangan Ratna Sarumpaet. Yang jadi masalah, Amien mempersoalkan salah satu pernyataan Setyo Wasisto yang menyebut surat pemanggilan dirinya tertanggal 2 Oktober. Padahal Ratna sendiri baru ditangkap pihak polisi 4 Oktober.

"Ini sangat janggal sekali. Ratna Sarumpaet pada tanggal 2 Oktober itu belum memberikan keterangan apa pun ke polisi. Kok surat pemanggilan saya sudah jadi duluan? Apakah ini upaya kriminalisasi? Wallahu A'lam," kata Amien Rais, Rabu (10/10/2018).

Amien Rais mangkir dari panggilan pertama. Namun Amien Rais berkilah kalau dia tidak datang karena penyidik salah dalam menulis data namanya. 

"Kami sudah mengingatkan nama ini," kata Amien.

Di akhir jumpa pers, Amien juga meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera mencopot Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia lalu menampilkan salah satu kopian berita dari sebuah media nasional.

Tag: amien rais diperiksa

Bagikan: