Happy Weekend Dolar AS Rp14.600

Tim Editor

Ilustrasi rupiah (Pixabay)

Jakarta, era.id - Menutup pasar perdagangan sore ini, kurs rupiah masih perkasa terhadap terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Meski tipis, dolar AS masih berada di kisaran Rp14.600.

Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (16/11/2018) pukul 16.30 WIB, dolar AS yang ditransaksikan berhasil ditutup pada posisi Rp14.598. Rupiah berhasil menguat sebesar 0,46 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya.



Secara year to date (ytd) atau dari awal tahun hingga saat ini, dolar AS sudah menguat terhadap rupiah sebesar 8,67 persen. Di mana rupiah melanjutkan tren positif sejak Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps jadi 6,0 persen.

Di sisi lain, pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, sudah mulai kembali menjual dolar AS pada kisaran Rp14.600. Bank BCA, misalnya menjual dolar AS pagi ini pada kisaran Rp14.622, sekitar pukul 16.45 WIB. Sedangkan harga jual tertinggi dicatat Bank Mandiri Rp14.630 per dolar AS.



Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail, mengatakan kebijakan Bank Indonesia menaikan suku bunga '7 Day Reverse Repo Rate' masih menjadi pemicu positif bagi pergerakan kurs rupiah.

"Kebijakan Bank Indonesia memberikan efek kejut yang positif bagi aset-aset di dalam negeri seperti pasar saham dan obligasi, sehingga turut berdampak positif bagi rupiah," kata Mikail seperti dikutip Antara.

Ia menambahkan kenaikan tingkat suku bunga itu juga merupakan respon Bank Indonesia setelah data neraca perdagangan mengalami defisit cukup lebar sebesar 1,8 miliar dolar AS pada Oktober dibandingkan September yang surplus. Selain itu kebijakan pemerintah untuk menahan impor juga turut memberi dampak positif bagi mata uang domestik.

Namun, lanjut dia, pergerakan rupiah dalam jangka pendek masih cenderung bergantung pada perkembangan sentimen pasar global.

"Sebagai contoh, baru-baru ini ada kabar bahwa Presiden Trump optimistis bisa mencapai kesepakatan dagang dengan Tiongkok. Kabar ini bisa mengangkat sentimen pasar global dan membuat stabilitas terjaga rupiah," katanya.

 

Tag: nilai tukar rupiah dolar as

Bagikan: