Kemunculan Atr dan Klaim Jadi Istri Rahasia Khashoggi

Tim Editor

Atr dan Jamal Khashoggi (Sumber: Twitter/@HalaElZieny)

Jakarta, era.id - Perempuan 50 tahun yang mengidentifikasi diri dengan nama H. Atr jadi sorotan. Di tengah berbagai misteri pembunuhan Jamal Khashoggi, Atr muncul dan membuat pengakuan sebagai istri rahasia dari sang penulis kolom Washington Post. Tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz menyebut pengakuan Atr sebagai upaya merusak reputasi Khashoggi di tengah kasus yang disebut-sebut didalangi Pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman.

Kepada Washington Post, Atr mengaku dinikahi Khashoggi dalam upacara keagamaan di pinggiran kota Washington DC hanya beberapa bulan sebelum Khashoggi dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul saat mengurus surat-surat yang ia perlukan untuk menikahi Cengiz. Kedekatan Khashoggi dan Atr disebut-sebut terjadi ketika Atr melakukan perjalanan bisnis di Amerika Serikat.

Atr juga mengaku mengenal Khashoggi saat keduanya bertemu di sebuah konferensi media di Timur Tengah sepuluh tahun lalu, meski hubungan asmara keduanya baru dimulai pada tahun lalu. Kepada Washington Post, Atr mengungkap alasan kenapa dirinya tiba-tiba muncul dengan klaim yang jadi kejutan dari berbagai kisah pembunuhan Khashoggi.

"Sebagai seorang istri Muslim, saya menginginkan hak penuh saya dan diakui," kata Atr sebagaimana kami kutip dari Daily Sabah, Senin (19/11/2018).

Pertemuan terakhir Atr dan Khashoggi sendiri terjadi pada September lalu. Atr bukannya tak paham bahaya yang dihadapi Khashoggi yang merupakan pengkritik Kerajaan Arab Saudi yang paling keras dan konsisten. Hanya saja, ia mengaku tak pernah berpikir bahwa nyawa Khashoggi akan dihabisi.

"Dia tidak pernah berpikir mereka akan membunuhnya. Dia tahu mereka bisa menculiknya dan memukulnya, tetapi dia tidak pernah berpikir mereka akan pergi sejauh itu untuk membunuhnya," kata Atr.
 


Keraguan

Meski Atr telah mempertontonkan foto pernikahan --yang disebut-sebut dilangsungkan pada bulan Juni-- antara dirinya dan Khashoggi, tunangan Khashoggi, Cengiz mengaku tak dapat memercayai klaim Atr. Ia lebih percaya Atr berdiri untuk segelintir pihak yang ingin menghancurkan reputasi Khashoggi.

"Jamal tidak pernah memberitahuku tentang wanita ini," tutur Cengiz kepada Washington Post.

Enggak cuma itu, berbagai kejanggalan soal kabar pernikahan Khashoggi dan Atr juga disampaikan Cengiz. Sebab, klaim yang dilakukan Atr --yang disebut-sebut dilakukan untuk sebuah kompensasi-- tak diperkuat dengan surat nikah yang sejatinya bisa jadi dasar yang melegitimasi klaimnya.

"Mengapa dia mencoba mengubah gambaran orang-orang dari Jamal? Apa yang dia inginkan? ... Saya menduga bahwa ini adalah upaya untuk mendiskreditkan dia dan merusak reputasinya," tambah Cengiz.

Tag: jamal khashoggi

Bagikan: