Mudik Natal Jangan Takut, Ada Satgas Rumsong

| 21 Dec 2017 17:26
Mudik Natal Jangan Takut, Ada Satgas Rumsong
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal M Iqbal. (Jafriyal/era.id)
Jakarta, era.id - Bagi masyarakat yang ingin bepergian atau mudik pada libur Natal 2017 dan tahun baru 2018, tampaknya tidak perlu khawatir ketika meninggalkan rumahnya. Sebab, Polisi membuat satuan tugas (satgas) untuk menjaga rumah yang kosong karena ditinggal penghuninya selama bepergian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal M Iqbal mengatakan, satgas itu diberi sandi Satgas Rumah Kosong atau Satgas Rumsong. Satgas ini nantinya akan memberi tanda khusus untuk rumah yang ditinggal penghuninya. Dengan begitu, petugas bisa memantau rumah kosong itu dengan baik.

"Ada Satgas Rumsong untuk mengakomodir semua. Jadi nanti ada tanda khusus untuk rumah kosong yang diketahui petugas," ujar di Gedung Direktorat Narkoba Mabes Polri, Kamis (21/12/2017).

Iqbal mengatakan, Satgas Rumsong ini akan dipimpin Kapolres setempat dan beranggotakan aparat Polsek, Satpol PP dan Babinsa TNI. Iqbal pun mengajak warga sekitar untuk bergabung dalam Satgas Rumsong ini.

"Kita leading sectornya. Itu sebagai contoh. Yang lain bisa saja juga berkreasi. Yang penting terjaga, yang mudik aman rumahnya," lanjutnya.

Di sisi lain, Iqbal juga berharap masyarakat yang meninggalkan rumah untuk melakukan komunikasi dengan tetangga. Sehingga, keamanan lingkungan juga bisa terpantau dengan baik.

"Imbauan kita jelas sebelum meninggalkan rumah periksa dulu kompor, alat-alat elektronik dan kunci pintu. Jangan meninggalkan alat tersebut menyala. Setelah itu komunikasikan ke RT RW setempat," ujar Iqbal.

Polri melakukan kegiatan dengan sandi Operasi Lilin 2017 untuk pengamanan Natal 2017 dan tahun baru 2018. Operasi ini digelar Jumat (22/12/2017) hingga Selasa (2/1/2018). Sebanyak 90 ribu lebih anggota polri, 80 ribu prajurit TNI serta 70 ribu elemen masyarakat dilibatkan dalam Operasi Lilin 2017.
Tags :
Rekomendasi