Menhub Lepas 2.500 Pemudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019

Tim Editor

Menhub Budi lepas keberangkatan 2.500 Pemudik gratis Natal dan Tahun Baru (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, melepas keberangkatan 2.500 pemudik gratis dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2019. Ada 50 bus yang diberangkatkan dan melayani para pemudik ini ke berbagai tujuan.

Pelepasan mudik gratis dilakukan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/12/2018). Ada lima kota besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan menjadi tujuan bus mudik gratis ini yaitu Solo, Semarang, Yogyakarta, Boyolali, dan Malang.

Budi mengatakan, pelepasan angkutan mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2019 ini juga menjadi ajang pembuktian dari terhubungnya jalur Tol Jakarta-Surabaya.

"Ini menjadi suatu bagian dari pembuktian bahwa jalan tol Jakarta-Surabaya yang dibangun Presiden Jokowi bisa membuat perjalan mereka ke Jogja itu 6 sampai 7 jam," tutur Budi di lokasi.



Budi juga memastikan kondisi jalan tol yang akan dilalui oleh para pemudik sudah dalam kondisi yang cukup bagus untuk dilewati ketika mudik natal dan tahun baru 2019. Namun, dia tetap berpesan agar bus tersebut tetap mengontrol laju kecepatan kendaraan tak melebihi 100 km per/jam.

Satu hal yang tak lupa, Budi meminta agar para operator angkutan kendaraan untuk melakukan pengujian keselamatan sebelum bus diizinkan untuk berangkat, dengan melakukan uji kelaikan atau ramp check.

"Selain memanage kecepatan adalah kepastian bahwa kendaraan-kendaraan dari yang kita gunakan itu baik dan laik. Oleh karenanya, secara khusus saya sampaikan kendaraan bus wisata yang tidak memiliki ramp chek kami minta untuk tidak beroperasi," ucap dia.



Tak hanya itu, Budi juga meminta operator bus agar melakukan pengawasan dan peringatan keras terhadap para supir bus yang membawa kendaraan di bawah obat-obatan terlarang. Ia meminta para supir bus melakukan tes urin sebelum membawa penumpang dan kendaraanya. 

"Mereka sudah tes urin. Sejauh ini, supir tidak ada yang bermasalah di sini, berbeda dengan yang di Medan, kita temukan delapan orang pengguna narkoba. Kalau di sini tidak ada," tegasnya.
 

Tag: kemenhub budi karya sumadi mudik dies natalis ipb selamat tahun baru imlek gong xi fa cai

Bagikan: