Enam Pati TNI-Polri Ramaikan Pilkada 2018

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Pertarungan elektoral lima tahunan Pilkada 2018 rupanya memikat hati para perwira tinggi (Pati) TNI dan Polri. Sejumlah nama jendral di dua institusi tersebut, disebut-sebut bakal meramaikan perhelatan politik 171 lokasi Pilkada 2018.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Siti Zuhro menilai, banyaknya pati Polri dan TNI yang terjun ke politik merupakan peringatan keras untuk partai politik karena gagal melakukan kaderisasi. 

"Mereka (partai politik) sibuk ingar bingar tapi tidak membenahi apa yang ada di partainya sendiri untuk melakukan kaderisasi, sehingga terjadi lah krisis kader. Nah, kaderisasi mereka terobos dengan menunjuk figur (seperti jendral TNI dan Polri) yang dirasa bisa memenangkan pilkada dan pemilu," kata Siti saat dihubungi era.id, Selasa (26/12/2017).

Dikatakan Siti, ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi para petinggi TNI-Polri terjun ke dunia politik, salah satunya adalah faktor historis dinamika perpolitikan di Indonesia.

"Menurut saya yang pertama, karena itu sudah menjadi sejarah yang tak boleh terputus. Kedua, karena minat atau gairah politik para jenderal TNI dan Polisi baik yang masih aktif dan sudah purnawirawan itu sangat tinggi," terang dia.

Dikontak terpisah, Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Sarwi Chaniago menilai perekrutan Jenderal TNI dan Polri adalah tradisi yang buruk dan harus segera dihentikan. 

"Ini menjadi berbahaya menurut saya kenapa? Karena orang-orang hebat penjabat TNI dan Polisi ditarik semua ke dunia politik nanti kedepan militer kita bagaimana? Sebenarnya yang menjadi problema semua partai politik itu sama yaitu krisis kader," kata Pangi.

Meski begitu Pangi mengatakan peluang sejumlah jenderal TNI dan Polisi bertarung di Pilkada 2018 tetap ada. Hanya saja dirinya menilai masyarakat akan memilih calon pasangan sipil ketimbang dari militer.

"Peluang mereka tetap ada masih terbuka. Tapi masyarakat tetap percaya kepada sipil ketimbang militer," tutupnya.

Terus, siapa aja sih jenderal-jenderal yang bakal ikut Pilkada? Simak nih infografis dari tim era.id: 


(Infografis: Wildan/era.id)

Tag: pilkada 2018

Bagikan: