Barangkali Ada Untungnya Juga Tahun Baruan di Kantor

| 31 Dec 2018 21:01
Barangkali Ada Untungnya Juga Tahun Baruan di Kantor
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Malam tahun baru. Waktunya keluar rumah, menghabiskan malam pergantian tahun di tempat-tempat wisata, atau di pusat-pusat keramaian di dalam kota bagi mereka yang memang enggak sempat tancap gas meninggalkan Ibu Kota. Buat segelintir yang lebih menyukai keintiman, barangkali barbekyuan bersama kerabat bakal lebih asyik. Dan bagi mereka yang lebih malang, bekerja adalah pilihan. Mengisi kanal-kanal berita, misalnya.

Eh, tapi jika melihat ramalan cuaca hari ini, barangkali tinggal di rumah atau piket di kantor memang lebih baik juga. Sejak pagi tadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini kepada masyarakat di Jabodetabek, bahwa potensi hujan akan mengguyur dalam intensitas tinggi pada Senin sore hingga malam pergantian tahun.

"Perkiraan hujan lebat akan terjadi pada pukul 15.10 WIB dam 17.00 WIB," tertulis dalam situs resmi www.bmkg.go.id di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Dan benar saja ramalan kawan-kawan di BMKG. Dilaporkan Antara, sejak sore tadi, hujan ringan turun di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Enggak cuma hujan, angin cukup kencang juga berseliweran di antara kepadatan masyarakat. Tapi, tentu saja, enggak pengaruh. Buktinya, masyarakat tetap di tempat mereka, enggak beranjak ke mana-mana. Paling-paling terlihat dari mereka yang berteduh di tenda-tenda pengamanan atau di fasilitas-fasilitas umum.

"Sudah biasa, mas. Tahun lalu juga kebetulan hujan, kan?" kata Saifuddin, warga Tangerang yang nampaknya doyan hujan-hujanan. Sore tadi, saat ditemui, Saifuddin datang bersama anak istrinya.

Memang, lumayan seru juga kayaknya tahun baruan di Monas. Menurut agenda, raja dangdut Rhoma Irama dan Grup Soneta akan mengisi acara puncak. Selain Rhoma, sang anak Ridho Rhoma beserta Rita Sugiarto dan Erie Susan juga bakal bikin masyarakat di Lapangan Timur Monas goyang. Dangdutanlah pokoknya.

Tapi, balik lagi ke ramalan cuaca BMKG, maka kami yang ada di Tebet Barat malam ini bolehlah merasa lega, barangkali pilihan kami ada benarnya juga. Sebab, dalam ramalannya, BMKG merinci potensi cuaca di beberapa daerah di Jabodetabek yang rata-rata menunjukkan pertanda yang sama. Di Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Ciputat Timur, Pondok Aren, Tanjung Priok, Pademangan, Sawah Besar, Tambora, Penjaringan, dan Johar Baru, BMKG memprediksi hujan lebat akan terjadi.

Selain itu, prediksi yang sama juga terjadi di Senen, Menteng, Pulogadung, Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Ciputat, Serpong, Serpong Utara, Ciledug, Larangan, Karang Tengah, Pinang dan sekitarnya.

Cuaca buruk berpotensi meluas ke daerah Kembangan, Tanah Abang, Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah, Setiabudi, Kebayoran Baru, Pancoran, Tebet, Matraman, Jatinegara, Cakung, Cilincing, KOja, Tambun Utara, Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Cengkareng, Mampang Prapatan, Duren Sawit, dan Medan Satria.

Kawasan lainnya, Pondok Gede, Bekasi Barat, Cipondoh, Tangerang, Karawaci, Cibodas, Batuceper, Benda, Kalideres, Curug, Pagedangan, Cisauk, Setu, Makasar, Kramatjati, Cipayung, Pondok Melati, Jatiasih, Cilandak, dan sekitarnya.

Jadi, selamat tahun baru, folks!

Rekomendasi