KPU Serahkan Soal Debat Kepada Timses Capres-cawapres

| 10 Jan 2019 16:15
KPU Serahkan Soal Debat  Kepada Timses Capres-cawapres
Gedung KPU (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum akan menyerahkan soal debat pertama kepada kedua tim pasangan capres-cawapres Pemilu 2019. Ada 20 pertanyaan debat yang akan dikirim telah selesai disusun panelis dan ditinjau oleh KPU.  Sebanyak 20 pertanyaan itu mencakup empat tema debat, yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Dibuat 5 pertanyaan untuk setiap masing-masing tema.

"Pada kesempatan nanti kan dapat pertanyaan yang sudah kami rapikan hari ini, seharusnya sudah kami sampaikan kepada tim sukses masing-masing hari ini," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di lokasi, Kamis (10/1/2019).

Pramono menjelaskan, soal pertanyaan yang dikirimkan bukan berbentuk pilihan ganda maupun hafalan seperti dalam lomba debat. Sesuai dengan tujuan debat, pertanyaan diberikan untuk menggali visi misi pasangan capres-cawapres. 

"Yang kami ingin memang menggali visi misi para pemimpin calon presiden dan wakil presiden ke depan," ungkap dia.

Untuk kamu tahu, debat yang digelar pada 17 Januari mendatang akan diisi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para pakar. 

Segmen keempat dan kelima adalah debat antar kandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Dan terakhir segmen keenam ada closing statement dari masing-masing paslon. 

Rekomendasi