Ahok Sudah Bebas Sejak Jam 7 Pagi

Tim Editor

Kalapas Klas I Cipinang Andika Dwi Prasetya. (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Kalapas Klas I Cipinang Andika Dwi Prasetya angkat bicara soal bebasnya eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Ahok diketahui bebas murni tanpa mengambil jatah bebas bersyarat dan cuti sebelum bebas. 

Andika mengatakan Ahok telah resmi menjadi warga sipil sejak pukul 07.00 WIB. Sebutan narapidana kini telah ditanggalkannya. Pihak lapas juga memastikan, Ahok dalam keadaan sehat. 

"Pelaksanaan dilakukan di pihak Rutan Mako Briimob, bersama-sama oleh saudara Kepala Bidang Pembinaan dan Kepala Seksi Registrasi Lapas Klas I Cipinang," kata Andika di Lapas Cipinang, Kamis (24/1/2019). 

Ia menegaskan, mantan suami Veronica Tan itu tidak akan ke Lapas Cipinang untuk urusan apapun. Ahok yang mendekam di jeruji besi selama hampir dua tahun itu saat ini kembali ke tengah-tengah keluarganya. 

“Yang bersangkutan langsung kembali ke tengah-tengah keluarganya, karena proses administrasi semua dilakukan di rumah tahanan Mako Brimob. Jadi beliau tidak datang di Lapas Klas I Cipinang, "ujar Andika kembali. 

Menurutnya, pengurusan administrasi bukan sesuatu yang rumit. Pihak lapas hanya menyiapkan surat lepas. Andika sendiri mengaku menandatangani surat tersebut. 

"Saya tanda tangani sebagai bukti sah bahwa yang bersangkutan selaku warga binaan lapas Klas I Cipinang telah mengakhiri masa pemidanaannya atau sudah bebas," katanya. 

Namun, Andika tidak mengetahui kemana Ahok akan pergi. Ia juga menampik proses pembebasan yang terkesan tertutup oleh mata media. "Enggak ada disembunyikan, semua terbuka," ujarnya. 

Terlebih, media tidak dapat akses masuk untuk melihat ke dalam Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok. Untuk itu, Andika memilih irit bicara, ketimbang memberikan jawaban pasti.


Welcome Back BTP (Ilustrasi oleh Ilham/era.id)

Tag: welcome back ahok

Bagikan: