Harus Berusia 100 tahun Baru Boleh Merokok di Hawaii

Tim Editor

Hawaii (Pixabay)

Jakarta, era.id - Kira-kira usia legal untuk bisa merokok berapa ya? 18 atau 20 tahun? Sebab menurut rancangan undang-undang baru di Hawaii, kalian harus berusia 100 tahun untuk diperbolehkan merokok.

Ya, pemerintah negara bagian Hawaii, Amerika Serikat ini sedang mempertimbangkan untuk mengubah usia legal warganya yang ingin merokok. Dalam RUU yang diajukan politisi Partai Demokrat, Richard Creagan akan melarang siapa saja yang menjual rokok kepada orang di bawah usia 100 tahun.

Sejauh ini Hawaii, jadi negara bagian AS yang paling ketat mengatur soal rokok. Di mana, untuk bisa membeli sebungkus rokok di Hawaii kalian harus berusia di atas 21 tahun, sementara di wilayah lain di AS antara 18 atau 19 tahun.

"Pada dasarnya ada kelompok pecandu berat, dalam pandangan saya diperbudak oleh sebuah industri yang amat buruk yang memperbudak mereka dengan membuat rokok yang membuat kecanduan dan amat mematikan," katanya kepada harian Hawaii Tribune-Herald, Selasa (5/2/2019).

Dalam RUU Creagan, akan dilakukan peningkatan usia legal merokok setiap tahunnya. Tahun depan, berdasarkan RUU itu, usia legal merokok naik di usia 30 tahun, pada 2021 naik jadi 40 tahun, pada 2022 meningkat lagi 50 tahun, dan 60 tahun pada 2023. Pada akhirnya, di tahun 2024 usia legal merokok adalah 100 tahun.



Creagan menambahkan, RUU yang diusulkannya ini akan segera disahkan menjadi undang-undang. Dia mengatakan, struktur RUU ini kebal terhadap setiap tantangan hukum.

"Negara bagian berkewajiban menjaga kesehatan warganya," papar Creagan. "Kita tidak  membiarkan warga mendapatkan akses bebas ke sesuatu yang membuat kecanduan misalnya resep obat-obatan," tambah dia. 

Menurut Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, merokok adalah penyebab lebih dari setengah juta kematian setiap tahun.

"Ini (rokok) jauh lebih mematikan, lebih berbahaya, dan lebih membuat kecanduan," lanjut Creagan. 
 

Tag: merokok di pesawat larangan merokok memukau amerika serikat

Bagikan: