Microsoft Jadi Perusahaan 1 Triliun Dolar

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Microsoft menjadi perusahaan Amerika Serikat (AS) ketiga yang bernilai 1 triliun dolar AS saat ini. Perusahaan bikinan Bill Gates ini bergabung dengan Apple dan Amazon sebagai perusahaan yang memiliki valuasi 1 triliun dolar.    

Mengutip The Verge, Jumat (26/4/2019), raksasa pembuat perangkat lunak ini berhasil mendongkrak harga sahamnya setelah mencatatkan pendapatan fiskal kuat kuartal 3 (Q3). Momentum itu terjadi kemarin, di mana harga saham Microsoft dibuka pada 130 dolar AS per saham. Naik sekitar empat persen dari harga penutupan 125 dolar AS pada 24 April. 

Perusahaan tersebut telah mencapai pasar 1 triliun dolar AS selama jam perdagangan saham NASDAQ pagi kemarin. Valuasi tersebut menandakan bahwa Microsoft telah kembali mengambil alih posisi Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia. 



Tangkap layar stock market google (Foto: Istimewa)

Yang membuat saham Microsoft terdongkrak adalah karena pertumbuhan bisnis penyimpanan awan (cloud)-nya. Pembuat perangkat lunak telah melakukan pengembangan terhadap produk cloud tersebut dalam beberapa tahun terakhir. 

Perusahaan ini bertujuan untuk mengejar dominasi AWS Amazon pada bisnis serupa. Layanan cloud Microsoft, Azure, saat ini berada di urutan kedua setelah Amazon, dan di depan penawaran layanan serupa dari Google.

Lumbung bisnis Microsoft yang punya kontribusi besar terhadap perusahaan dibagi menjadi 3 sumber. Hitung-hitungan kasarnya, ketiga lumbung bisnis itu pada kuartal ini menyumbang masing-masing sekitar 30 persen. 3 bagian sumber pendapatan Microsoft tersebut diantaranya:

1. Office, LinkedIn, dan Dynamics = 10,2 miliar dolar AS
2. Cloud Azure, produk server, dan layanan perusahaan = 9,7 miliar dolar AS
3. Windows, Xbox, dan Surface = 10,7 miliar dolar AS.

Tag: microsoft ekonomi digital

Bagikan: