Usai Sidang MK, BW Pulang Temui Prabowo

Tim Editor

Kuasa hukum Prabowo-Sandi, Bambang Wdjojanto (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Tim hukum paslon 02 keluar dari ruang sidang Mahkamah Konstitusi sambil membawa salinan putusan berisi penolakan majelis hakim atas seluruh permohonan yang diajukan. 

Pulang dari MK, kerja mereka telah selesai. Tanpa memberi selamat kepada kubu 01, Ketua tim hukum paslon 02, Bambang Widjojanto bilang akan langsung menuju kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan untuk memberikan salinan putusan MK setebal 1.944 halaman. 

"Rencananya kita mau ketemu langsung. Malam ini pihak principal akan mengetahui langsung (putusan) dari tangan pertama," kata BW di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

"Langkah lain akan sangat ditentukan oleh principal sesungguhnya karena kuasa kami sudah selesai, kami akan mengembalikan mandat kami kepada principal," lanjut dia. 

BW mengungkapkan kesan terhadap majelis hakim. Kata BW, MK mencoba keluar dari frasa 'Mahkamah Kalkulator' yang selama ini dinarasikan kubu 02.

"Meski begitu, tapi pikirannya masih berpihak pada keadilan prosedural. Padahal kami ingin medorong keadilan yang substansial," ucapnya. 

Ada tiga hal yang BW apresiasi dari mahkamah dalam memutuskan perkara ini. Pertama, MK menyetujui bagian dari perbaikan permohonan untuk diadili. Kedua, MK mengatakan bahwa mahkamah ini adalah mahkamah yang memeriksa sengketa terhadap pemilu, bukan hasil suara saja. 

Ketiga, berbagai bukti yang diajukan oleh pemohon, baik video yang sebagian besar didapatkan dari masyarakat, maupun tautan berita yang mereka ajukan sebagai bukti, dipakai oleh MK sebagai dasar untuk memeriksa bukti. 

"MK keluar dari jebakan (Mahkamah Kalkulator). ini satu langkah kecil lain yang harus diparesiasi. Terima kasih," pungkas BW. 


 

Tag: perlawanan terakhir prabowo

Bagikan: