Besok Gerhana Bulan, Umat Islam Dianjurkan Salat Khusuf

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Gerhana bulan diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia pada 17 Juli 2019. Kawasan Indonesia barat dan tengah dapat mengamati gerhana bulan tersebut dengan kasat mata.

Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 03.01-05.59 WIB dan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04.30 WIB. Berdasarkan penghitungan astronomi gerhana bulan yang terjadi pada dini hari tersebut adalah gerhana bulan parsial.

Gerhana bulan parsial merupakan fenomena langit di mana posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus atau di garis imajiner yang bernama garis eleptika. Dengan permukaan bulan akan berubah menjadi gelap sebagian pada saat gerhana bulan ini mencapai puncaknya.

Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, mengajak umat Islam melakukan salat khusuf seiring gerhana bulan yang diperkirakan akan terjadi.

Muhammadiyah mengatakan, Ditjen Bimas Islam telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan kepada unsur Kemenag, ulama, imam masjid, masyarakat dan unsur terkait lainnya untuk melaksanakan salat gerhana bulan parsial di wilayahnya masing-masing.

"Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing," kata dia, seperti dikutip Antara, Selasa (16/7/2019).

Dalam kesempatan salat khusuf, Muhammadiyah mengajak umat Islam untuk mendoakan kebaikan bagi Indonesia.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa," kata dia.


Infografis (era.id)

Tag: fenomena alam

Bagikan: