Kebakaran Hutan yang Mengancam Populasi Koala di Australia

| 09 Nov 2019 16:15
Kebakaran Hutan yang Mengancam Populasi Koala di Australia
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Posisi geografis Australia telah membuat negara ini dikaruniai banyak spesies unik yang tak dapat ditemukan di tempat lain, salah satunya hewan berkantung seperti kangguru dan koala.

Koala adalah salah satu binatang berkantung khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae. Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. 

Namun, hewan gemas ini kini terancam keberadaannya akibat kebakaran hutan di kawasan cagar alam pesisir New South Wales, Australia, dalam beberapa waktu terakhir ini.  kebakaran hutan dan lahan tidak hanya menyasar kawasan cagar alam, tetapi juga di beberapa wilayah New South Wales.

Dilansir Reuters, Sabtu (9/11/2019), kebakaran hutan ini diprediksi telah menewaskan setengah dari jumlah populasi Koala, hewan endemik di Australia, menurut sejumlah pakar. 

 

Api yang mulai menjalar dari Cagar Alam Danau Innes, utara New South Wales, Kota Macquarie. telah merusak habitat dua pertiga Koala pada bulan lalu, sementara wilayah hutan lain yang menjadi tempat hewan endemik itu berkembang biak masih terancam oleh 15 titik api di negara bagian Australia itu.

Kelompok penyelamat hewan Koala Conservation Australia menyebutkan sekitar 350 Koala di cagar alam diperkirakan tewas akibat kebakaran hutan. Presiden Koala Conservation Australia Sue Ashton mengatakan jumlah populasi Koala di cagar alam itu ada sebanyak 500 sampai 600 ekor.

Fasilitas kesehatan hewan di Rumah Sakit Koala Port Macquarie yang terletak di dekat cagar alam itu telah merawat sejumlah hewan yang berhasil diselamatkan. Para perawat mengobati luka para Koala, serta memberi mereka daun Eukaliptus dan zat bernutrisi lainnya.

"Kami mengamati tanda yang menunjukkan koala menahan sakit, misalnya gigi yang gemeretuk atau ekspresi stress. Semua pengecekan itu kami lakukan rutin setiap hari," kata Amanda Gordon, kepala perawat hewan. Ia menambahkan seringkali pihaknya kesulitan mengetahui masalah kesehatan Koala.

Baca Juga: Yukyu Joka: Ritual Mengenang Jatah Cuti yang Tak Diambil

"Terkadang, koala dapat terlihat sangat sehat. Cakar mereka mulai sembuh dan membaik, tetapi jika ada sesuatu yang terjadi dan luput dari pengamatan kami, tidak banyak yang akhirnya dapat kami lakukan," tambah Gordon yang telah bekerja di rumah sakit selama 15 tahun.

Para perawat memperkirakan butuh waktu 10 hari untuk memeriksa secara utuh kondisi populasi koala. Sejauh ini, populasi koala di Australia tidak lebih dari 50.000 sampai 100.000 ekor.

Umumnya, koala mendiami hutan Pohon Eukaliptus di wilayah timur dan pesisir Australia. Hewan itu biasanya hidup sampai 20 tahun. Koala merupakan hewan marsupial atau berkantung, dan kantung itu berfungsi jadi tempat membawa anak mereka. Koala umumnya tidur selama 18 jam per hari.

Cuaca yang panas akibat dampak perubahan iklim dapat mengancam kelangsungan hidup koala, belum lagi penggundulan hutan yang kerap terjadi di habitat hewan tersebut, kata James Tremain, aktivis dari Nature Conservation Council of New South Wales.

"Kebakaran hutan dan lahan akan merusak populasi penting Koala, dan meningkatkan suhu bumi," kata dia. Kondisi itu dapat berdampak pada turunnya tingkat nutrisi daun yang menjadi satu-satunya sumber pangan Koala.

"Koala di New South Wales tentunya sedang menghadapi masalah. Jika jumlah populasinya terus berkurang pada tingkat yang sama selama 20 sampai 30 tahun, Koala di alam liar akan punah pada pertengahan abad ini."

Tags :
Rekomendasi