Jakarta Kebanjiran, New South Wales Kebakaran

Tim Editor

Kebakaran Hutan Australia (Sky)

Jakarta, era.id - Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) dan Victoria, Australia, mengevakuasi ribuan wisatawan dan penduduk setempat akibat kebakaran hutan. Kebakaran hutan di wilayah itu sampai saat ini sudah menewaskan delapan orang dan membuat ribuan pelancong terjebak kabut asap saat sedang berlibur di kawasan pesisir pantai.

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/1/2020), pemerintah Australia mengirim prajurit Angkatan Darat dan Angkatan Laut untuk membantu proses evakuasi di pantai Teluk Bateman.

Negara Bagian Victoria yang bertetangga dengan New South Wales juga memutuskan mengevakuasi penduduk yang wilayah pemukimannya terancam.

Menurut Menteri Perhubungan New South Wales, Andrew Constance, proses evakuasi di daerah itu diperkirakan bakal menjadi yang terbesar. Sedangkan Wakil Komisioner Pemadam Kebakaran NSW, Rob Rogers, menyatakan sampai saat ini anak buahnya masih belum mampu mengendalikan kobaran api karhutla.

"Lahan yang terbakar sangat luas, dan kami tidak sanggup mengendalikan kobaran api. Kami hanya berusaha memastikan tidak ada penduduk yang berada di jalur api," kata Rogers.


Pemandangan di Teluk Bateman (Guardian)

Pemandangan di sekitar Teluk Bateman juga berubah akibat tertutup kabut merah efek dari asap kebakaran.

Ribuan turis yang sedang berkunjung ke pantai di Teluk Bateman sempat terjebak akibat kebakaran hutan dan kabut asap tanpa listrik dan jaringan komunikasi serta persediaan makanan yang terbatas hingga Kamis pekan lalu.

 

Tag: kebakaran hutan

Bagikan: