Gempa Berkekuatan M4.5 Terjadi di Kabupaten Pangandaran

| 11 Jan 2020 07:36
Gempa Berkekuatan M4.5 Terjadi di Kabupaten Pangandaran
Dok. BMKG
Bandung, era.id - Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 4.5 di kedalaman 11 Kilometer terjadi di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat pada pukul 05.06 WIB. Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.17 LS - 107.91 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 83 Kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas penyesaran didasar laut pada bagian dalam dari Lempeng Eurasia.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Pangalengan dan Cilacap dengan Skala Intensitas I - II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hendro dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/1/2020).

Hendro menyebutkan hingga pukul 05.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Hendro mengingatkan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena otoritasnya akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Tags : gempa
Rekomendasi