Konten Prank Sampah dari Youtuber Bernama Ferdian Paleka

Tim Editor

Dok. Youtube

Bandung, era.id - Saat orang-orang mulai merasakan kesulitan ekonomi karena pandemi COVID-19, warganet dihebohkan dengan video prank tak penting cenderung menjurus ke konten sampah. Youtuber bernama Ferdian Paleka itu membuat video prank membagikan sembako berisi sampah kepada dua orang waria di Kota Bandung.

Video tersebut diunggah oleh akun Paleka Present pada Minggu 3 Mei 2020. Tetapi karena menuai reaksi negatif dari warganet, Youtube kemudian menurunkan video tersebut sehingga video ini tak lagi bisa diakses.

Tetapi belakangan, video yang sudah terlanjur beredar luas itu muncul di Instagram. Salah satunya di Instagram @kabar.jabar. Video dilengkapi keterangan, 'Ditengah pandemi, sekelompok pemuda tega nge prank berbagi sembako makanan isi sampah demi konten Youtube dan kejadian tersebut di kota bandung.'

"Sungguh tega, apapun alasannya tindakan itu tidak bisa dibenarkan, apalagi jika kita lihat dari sisi kemanusiaan," demikian keterangan akun Instagram kabar.jabar.

Dari video prank tersebut tampak ada tiga pemuda di dalam mobil, salah satunya pemilik akun @ferdianpaleka.

"Jadi, kita akan mensurvei bencong di bulan puasa ada apa enggak. Kita akan membagikan sembako bahan pangan yang isinya batu bata dan sampah. Kalau ada bencong, kardus-kardus ini kita bagi, kalau tidak ada, berarti kota ini aman akan waria," kata Ferdian, sebelum mencari sasaran.

Video juga menunjukkan kardus-kardus yang berisi sampah yang akan dibagikan kepada waria. Ditunjukkan pula ketika Ferdian dan temannya mengisi kardus tersebut dengan sampah yang diambilnya dari tong sampah.

Video lantas merekam ketika mereka bertemu sasaran, tampak dua orang waria sumringah menerima bantuan masing-masing mendapat satu kardus. Ferdian dan kawan-kawan pun langsung kembali ke mobilnya sambil tertawa. Sementara si penerima bantuan belum sadar bahwa dia dikerjai.


Dok. Youtube

Sejak berita itu beredar, para warga berbondong-bondong untuk menggeruduk kediamannya di Kavling Bojong Koneng, Kecamatan Baleendah, Bandung. Namun, Ferdian malam itu sudah keburu mengungsi da tidak ada di rumah.

Dalam foto itu, nampak sejumlah orang berada di depan sebuah rumah dan mobil polisi juga terparkir di sana. Alhasil, anggota kepolisian membantu warga melakukan mediasi bersama keluarga Ferdian.

Dalam unggahan itu, tiga orang perwakilan warga dan polisi yang berbicara dengan dua orang perempuan, yaitu anggota keluarga Ferdian. 

"Sedang mediasi dengan keluarga Ferdian Paleka, karena yang bersangkutan tidak ada di rumah," ujar polisi.  

Selanjutnya, kasus prank oleh youtuber ini diproses di Polrestabes Bandung, seperti dilaporkan dalam Instagram Official Prabu 1 Tactical Team, Polrestabes Bandung. Tim Prabu mengunggah klarifikasi dua orang yang menjadi korban prank dengan keterangan, "Klarifikasi terkait dari kejadian Video Viral Prank Pembagian Sembako Makanan Isi Sampah. Semoga para pelaku pembuat konten tersebut diproses secara hukum."

Tag: youtuber

Bagikan: