Selain Konser, Pemerintah Juga Kemarin Gelar Doa Bersama

Tim Editor

Bimbo (Dok. BNPB)

Jakarta, era.id - Konser amal Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona yang digagas MPR RI, BPIP dan BNPB menuai cibiran warganet yang menganggap pemerintah lebih memilih acara 'nyanyi-nyanyi' ketimbang berdoa agar wabah virus korona baru segera berakhir.

Padahal acara yang menghadirkan bintang utama grup musik religi Bimbo dan belasan artis papan atas itu juga digelar untuk menggalang donasi dari para warga.

Konser yang diselenggarakan Minggu (17/5) malam tersebut ditujukan untuk menguatkan rasa kebangsaan di tengah bulan suci Ramadhan yang diselimuti pandemi COVID-19 sehingga diharapkan bisa memberikan kekuatan batin bagi masyarakat yang pada bulan Ramadhan ini harus turut menghadapi pandemi COVID-19.

Melalui pendekatan kebudayaan dalam konser virtual diharapkan bisa semakin merekatkan persaudaraan kebangsaan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"COVID-19 memang telah menghentikan aktivitas sosial hingga ekonomi. Namun, tidak akan mematikan tekad dan semangat gotong royong bangsa Indonesia," tegas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.


Bimbo (Dok. BNPB)

Selain nyanyi, diadakan juga lelang sepeda motor listrik karya anak negeri yang ditandatangani Presiden Joko Widodo di bagian depan motor.

Beberapa artis, seniman hingga politikus secara spontan menjadi 'customer service' yang menerima tawaran dari para peserta lelang melalui sambungan telepon interaktif dan ditayangkan melalui layar kaca.

Deretan publik figur mulai dari Dewi Perssik, Iis Dahlia, Olivia Zalianty, Wanda Hamidah, Cita Citata, Diah Permatasari dan yang lainnya berlomba merayu dan menggeret para donatur agar memenangkan lelang yang hasilnya kemudian akan disumbangkan untuk korban COVID-19.

Alhasil, motor listrik tersebut akhirnya laku dengan nilai lelang 2,55 miliar rupiah setelah diputuskan oleh dua pemimpin lelang, yakni Ketua Kamar Dagang Indonesia, Roeslan Roeslani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Total, malam kemarin terkumpul donasi sebesar Rp4 miliar.

Banyak warganet yang bilang acara tersebut tak peka karena digelar di hari-hari terakhir bulan Ramadan. Padahal, tiga hari sebelumnya, pemerintah menggelar doa bersama lewat Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang dilakukan secara virtual, Kamis (17/5) pagi.



Dok. Twitter

Menteri Agama Fachrul Razi mengajak umat beragama di Indonesia mengetuk pintu langit lewat doa.

"Mari kita bersama mengetuk pintu langit untuk kemanusiaan, khususnya agar Tuhan berkenan mencabut ujian dan cobaan yang bernama COVID-19," kata Menag Fachrul.


Menag Fachrul Razi (Dok. Kemenag)

Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan "Hari Doa Sedunia" itu juga dihadiri secara daring oleh Presiden Joko Widodo, Wapres KH Ma'ruf Amin, Menag Fachrul Razi dan Kepala BNPB Doni Munardo.

Hadir juga memberikan pencerahan keagamaan sekaligus memimpin doa dari enam tokoh agama.

Mereka adalah tokoh Khonghucu Xs Budi Tanuwibowo, Sri Pannyavaro Mahathera (Buddha), Ida Pedanda Nabe Gede Bang Buruan Manuaba (Hindu), Ignatius Kardinal Suharyo (Katholik), Pendeta Ronny Mandang (Protestan) dan KH M Quraish Shihab (Islam).
 

Tag: mpr

Bagikan: