Luhut Minta Indonesia Tiru Jerman dan Taiwan Atasi COVID-19

| 27 Jul 2020 11:45
Luhut Minta Indonesia Tiru Jerman dan Taiwan Atasi COVID-19
Luhut Panjaitan (Dok. Kemenko Marves)

ERA.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Indonesia mencontoh Jerman, Taiwan, dan Rusia dalam mengatasi pandemi COVID-19. Pasalnya, tiga negara tersebut cepat pulih dari pandemi ini.

"Jerman, Taiwan, dan Rusia, dikategorikan sebagai negara yang cepat pulih dari keadaan ini," kata Luhut Pandjaitan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kemitraan Penempatan Uang Negara dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta dikutip dari Antaranews, Senin (27/7/2020).

Lebih lanjut, ia menjelaskan tiga negara tersebut sangat kompak dan mengedepankan sinergitas dalam menangani dampak pandemi COVID-19. Sehingga pemulihan dapat dilakukan secara cepat.

"Ada analisa bahwa Jerman yang paling cepat menangani COVID-19. Ini dengan alasan bahwa mereka melakukan sinergi dengan sangat padu," ujar Luhut .

Luhut mengimbau agar pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat bersatu dan kompak dalam menyelesaikan pandemi COVID-19. Sebab masa krisis seperti saat ini bukan waktunya untuk menjadi 'yang terbaik' dan menyalahkan satu dengan lainnya, namun justru saling melengkapi.

Baca juga: Luhut Dikritik Anggarkan Rp4,1 Triliun untuk Dinas PNS ke Destinasi Wisata

"Tidak boleh ada salah menyalahkan kalau ada kekurangan dari satu tempat dari teman kita saling memperbaiki. Tidak dalam satu suasana untuk paling baik dalam konteks ini," tegas Luhut Pandjaitan.

Ia mengklaim berbagai program pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional sudah lebih bagus. Ia meyakini Indonesia akan lebih baik ke depan.

"Saya harap dengan program ini bisa membuat Indonesia lebih bagus. Saya yakin bisa dilakukan sebab teamwork kita semakin lama semakin baik," ujar Luhut.

Rekomendasi