PPP: Yang Dekat dengan Jokowi Tak Hanya Airlangga

| 24 Mar 2018 18:24
PPP: Yang Dekat dengan Jokowi Tak Hanya Airlangga
Presiden Jokowi bertemu dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (setkab.go.id)
Jakarta, era.id - Wasekjen PPP Achmad Baidowi menganggap pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), adalah pertemuan biasa. Pertemuan ini dilakukan di Kebun Raya Bogor, Sabtu (24/3/2018) pagi.

Menurut Baidowi, pertemuan tersebut tidak bisa dinilai Jokowi dan Airlangga memiliki kedekatan khusus. Sebab, Jokowi tidak hanya menjalin kedekatan dengan ketua umum partai berlambang pohon beringin saja.

“Itu pertemuan biasa saja dan bagian dari komunikasi politik biasa. Soal kedekatan Pak Jokowi bukan hanya dengan Airlangga,” tuturnya, ketika dihubungi era.id, Sabtu (24/3/2018).

Misalnya, Baidowi mengatakan, Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi). juga memiliki kedekatan dengan Jokowi. Romi pernah satu pesawat dengan Jokowi, bahkan Romi beberapa kali berkunjung ke Istana Negara. Karena itu, pertemuan Jokowi dan Airlangga pagi ini, dikatakan Baidowi, tidak perlu diartikan berlebihan.

"Dengan ketum parpol lain pun begitu, termasuk dengan Pak Romi yang dua kali satu pesawat dan beberapa kali di Istana. Dan itu kami anggap biasa saja tak perlu diterjemahkan berlebihan,” jelasnya.

Saat bertemu Airlangga tadi, Jokowi menggunakan kaus kuning. Kuning merupakan warna identik untuk Partai Golkar.

Kata Baidowi, ini tidak bisa disebut sebagai sinyal kuat Jokowi akan memilih kader Partai Golkar sebagai pendampingnya di Pemilu 2019. Sebab, saat bertemu dengan Romi, Jokowi juga menggunakan sarung hijau, warna yang identik dengan PPP.

“Ke PPP Pak Jokowi pakai sarung hijau, apa mau ditafsirkan jika cawapres Jokowi dari PPP? Kan tidak seperti itu,” tegasnya.

 

Presiden Joko Widodo melakukan olahraga pagi bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kebun Raya Bogor, Sabtu (24/3/2018) pagi. Jokowi mengatakan, sambil olahraga, mereka juga membahas cawapres untuk Pemilu 2019. 

"Ya ngobrol yang ringan-ringan, ngobrol mengenai Partai Golkar, mengenai cawapres, bicara masalah negara, ya macam macam wong namanya sambil jogging kan enggak apa apa. Yang ringan-ringan saja," kata Jokowi dilansir dari Antara, Sabtu (24/3/2018).

Untuk masalah cawapres, kata dia, yang diobrolkan adalah kriteria yang diinginkan Partai Golkar.

"Ya tetap saya sampaikan mengenai kriteria-kriteria yang mungkin di Partai Golkar, kriteria apa sih yang diinginkan di Partai Golkar," kata Jokowi.

Selain berolahraga bersama, Jokowi dan Airlangga pun menyempatkan memberi makan kambing peliharaan Presiden. Selepas itu, keduanya melanjutkan perbincangan di beranda Istana Bogor sambil menikmati secangkir teh. 

Rekomendasi