PDIP Anggap Wajar Pertemuan Jokowi-Airlangga

Tim Editor

Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Twitter: @jokowi)

Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto olahraga bersama di Kebun Raya Bogor, Sabtu (24/3/2018) pagi. Selain berolahraga, mereka juga membahas soal pendamping Jokowi di Pemilu 2019.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menganggap wajar Jokowi dan Airlangga membicarakan calon wakil presiden (cawapres). Sebab, Airlangga adalah ketua umum salah satu partai pendukung Jokowi.

"Wajar dong kalau partai pendukung salah satu capres, berbincang-bincang terkait cawapresnya," kata Masinton dihubungi era.id, Sabtu (24/3/2018).

Partai Golkar mulai menggadang-gadang Airlangga menjadi cawapres Jokowi. Saat Rapimnas Partai Golkar beberapa waktu lalu, nama Airlangga disebut tepat mendampingi Jokowi pada pemilu yang digelar tahun depan itu.

Menurut Masinton, upaya ini adalah hal yang wajar. Itu juga dilakukan oleh partai lain. Sebut saja PPP dengan Romahurmuziy (Romi), PAN dengan Zulkifli Hasan, dan PKB dengan Muhaimin Iskandar.

"Partai lain kan begitu, menyodorkan ketua umumnya," kata Anggota Komisi III DPR ini.


(infografis/era.id)

Pendukung Jokowi akan lakukan pertemuan

Meski demikian, Masinton mengatakan, akan ada forum khusus untuk membicarakan masalah cawapres. Forum itu akan mempertemukan seluruh partai pendukung Jokowi.

Saat ini, Jokowi didukung oleh PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PPP. Sementara dua partai lainnya tidak memiliki syarat ambang batas parlemen, yaitu PSI dan Partai Perindo.

"Nanti lah, sekarang ini kan masih komunikasi-komunikasi. Setelah nanti frekuensinya makin intensif satu sama lain, itu akan mengagendakan pertemuan bersama bahas cawapres," kata dia.

"Kalau (cawapres) PDIP, sekarang masih menjaring baik internal dan eksternal," tambah Masinton.
 


Presiden Joko Widodo melakukan olahraga pagi bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kebun Raya Bogor, Sabtu (24/3/2018). Jokowi mengatakan, sambil olahraga, mereka juga membahas cawapres untuk Pemilu 2019. 

"Ya ngobrol yang ringan-ringan, ngobrol mengenai Partai Golkar, mengenai cawapres, bicara masalah negara, ya macam macam wong namanya sambil jogging kan enggak apa apa. Yang ringan-ringan saja," kata Jokowi dilansir dari Antara, Sabtu (24/3/2018).

Untuk masalah cawapres, kata dia, yang diobrolkan adalah kriteria yang diinginkan Partai Golkar.

"Ya tetap saya sampaikan mengenai kriteria-kriteria yang mungkin di Partai Golkar, kriteria apa sih yang diinginkan di Partai Golkar," kata Jokowi.

Selain berolahraga bersama, Jokowi dan Airlangga pun menyempatkan memberi makan kambing peliharaan Presiden. Selepas itu, keduanya melanjutkan perbincangan di beranda Istana Bogor sambil menikmati secangkir teh. 
 

Tag: sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto jokowi

Bagikan: