Mahfud MD Ogah Tanggapi Bursa Cawapres

Tim Editor

Mantan Ketua MK Mahfud MD (twitter: @mohmahfudmd)

Solo, era.id - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tidak ingin menanggapi isu dirinya akan jadi cawapres pada Pemilu 2019. Mahfud menyampaikan, posisi cawapres untuknya masih belum jelas..

"Saya tidak tahu. Saya belum mau menanggapi hal yang tidak ada di depan mata langsung," kata Mahfud, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (31/3/2018).

Meski demikian, Mahfud mengaku mengetahui ada survei yang di dalamnya tercantum namanya sebagai bakal cawapres pendamping Joko Widodo pada pilpres tahun depan. Dia merasa senang karena hasil survei tersebut jadi bukti demokrasi yang berjalan baik di Indonesia.

"Memang ada survei, obrolan di warung kopi, dan koran. Tidak layak saya menjawab, sesuatu yang tidak jelas kok mau dijawab. Mengalir dulu saja," ucapnya.

Dia berharap figur yang bersaing pada Pemilu 2019 adalah tokoh yang berintegritas dan memiliki visi jelas ke depan. Mahfud mendorong semua pihak berkompetisi sesuai aturan yang berlaku.

"Tanggapannya sekarang ini baik, orang bisa memunculkan capres. Kalau dulu zaman Pak Harto 'nggak' boleh muncul," katanya.

Baca Juga : ICW Sodorkan Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi

Nama Mahfud MD masuk dalam bursa cawapres 2019. Dirinya bersaing dengan nama-nama populer seperti mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, menilai Mahfud MD merupakan sosok ideal pendamping Joko Widodo pada Pemilu 2019. Mahfud dinilai mampu mengisi kelemahan atas ketimpangan hukum dan demokrasi yang terjadi pada pemerintahan Jokowi saat ini.

"Kenapa menurut saya Pak Mahfud MD? Karena tidak bisa dibantah bahwa tantangan terbesar bagi pemerintahan Jokowi hari ini kan lemahnya isu-isu hukum dan demokrasi," kata Donal dalam sebuah diskusi, di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (6/3).

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani juga pernah menyatakan partainya melirik Mahfud MD jadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Nama Mahfud masuk dalam radar Partai Gerindra sebagai figur nonpartai yang layak jadi cawapres.


Infografis (era.id)

Tag: pemilu 2019 mahfud md

Bagikan: